Pakaian Bukan Sekedar Sebagai Perhiasan - Blog Pak Yogi

Pakaian Bukan Sekedar Sebagai Perhiasan

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/02/pakaian-bukan-sekedar-sebagai-perhiasan.html

Tidak ada manusia yang terlahir ke dunia dengan mengenakan pakaian sehelaipun yang melekat ditubuhnya. Suatu kasih sayang dari kedua orang tua  kepada buah hatinya yang mengajarkan cara bagaimana berpakaian dengan benar dan sopan. Diusia bayi kita dibedong (dililit kain) dan dicarikan pakaikan dari kain yang teksturnya lembut supaya tidak melukai kulit kita. Selanjutnya bagaimana kedua orang tua kita memakaikan pakaian terhadap kita diwaktu usia balita, Batita, anak-anak, dan remaja dan seterusnya hingga saat dewasa. Tidak terbayangkan jika sampai saat usia remaja kita tidak pernah mengetahui apa itu pakaian. "Fungsi bukan gengsi, pelindung bukan perhiasan" itulah yang diajarkan kedua orang tua kita selama ini.


Ibarat tanaman adalah tubuh kita, pagar adalah pakaian kita dan ladang adalah tempat tinggal kita. Selanjutnya, saya mengibaratkan seperti bunga mawar yang berada di dalam pagar. Pernahkah kita mempertanyakan apa kegunaan pagar itu?. Ya, Pagar yang mengelilingi bunga mawar. Apakah untuk mempercantik bunga mawar?. Saya rasa bukan sekedar untuk mempercantik karena, tanpa pagarpun bunga mawar sudah terlihat cantik. Tapi, pagar itu adalah sebagai pelindung utamanya, supaya bunga mawar mekar tumbuh sesuai yang diharapkan, supaya tidak diganggu oleh tangan-tangan jahil, supaya orang-orang mengerti bahwa bunga itu ada pemiliknya. Tidak layu sebelum berkembang, sehingga bunga mawar menjadi mekar mewangi harumnya, semerbak indah warnanya dan semoga memberi manfaat bagi semua.


Terkadang ada sebagian orang-orang diluaran sana yang berlebihan dalam berpakaian. Mereka berlomba-lomba dalam menghiasi tubuh mereka hanya demi suatu pujian dari orang lain. Gemerlap menyilaukan pandangan bagi orang lain. Bukan itu tujuan dari berpakaian kawan. Jika itu kita terapkan dan terlena akan kilaunya mungkin esok atau lusa akan terjadi suatu pertikaian yang pedih. perbedaan sosial akan semakin tampak dan kejahatanpun semakin menjadi.


Sebagai masyarakat yang diwarisi budi pekerti luhur dari nenek moyang kita. Sudah seharusnya mulai dari sekarang kita mencerminkan budaya berpakaian yang baik dan sopan. Bukan karena menujunjukkan kemewahan tapi karena menutupi suatu badan. Memang sebagian diantara kita selama ini pernah terlena akan sutau pakian yang kita anggap itu suatu pemberian rizki yang patut kita nikmati. Namun, pernahkah kita berfikir dengan arip bahwa ada sebagian orang yang sangat membutuhkan uluran bantuan kita. Mereka kelaparan, jangankan berpakaian dengan bagus untuk makan sehari-haripun mereka kesulitan.

Kesimpulannya 
Fungsi pakaian yang utama adalah sebagai penutup aurat.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar