MENCEGAH KEBAKARAN RUMAH DENGAN MEMAHAMI KARAKTER API - Blog Pak Yogi

MENCEGAH KEBAKARAN RUMAH DENGAN MEMAHAMI KARAKTER API

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/04/mencegah-kebakaran-rumah-dengan.html

Kebakaran terjadi karena adanya suatu reaksi yang menghasilkan energi panas yang cukup untuk disebarkan pada bahan bakar lain sehingga ikut terbakar. Sementara terciptanya api terjadi karena bahan bakar dan oksigen terkena sejumlah energi panas yang cukup besar.

4 siklus pengembangan kebakaran

  1. Tahap Pengembangan Awal adalah Dimulai sejak proses pembakaran dengan kontak antara sumber panas dengan bahan bakar yang disertai oksigen dari udara disekeliling.
  2. Tahap Penyalaan Serempak adalah Tahap peralihan antara tahap pengembangan awal dan tahap pengembangan penuh, ditandai dengan terjadinya penyalaan secara serempak di dalam ruang terkurung.
  3. Tahap Pengembangan Penuh adalah Ketika api berkembang secara penuh yaitu membakar bahan dengan intensitas maksimum.
  4. Tahap Surut adalah Ketika api yang terbakar mulai menurun intensitasnya (api mulai meredup).

Kelompok kelas kebakaran

  • Kebakaran Kelas A ; Kebakaran ini terjadi terhadap bahan biasa yang mudah terbakar seperti, kayu, kertas, pakaian dan sejenisnya (kebakaran hutan)
  • Kebakaran Kelas B ; Kebakaran ini disebabkan oleh bahan cairan seperti minyak, gas dan sejenisnya (kebakaran tambang dan kilang minyak)
  • Kebakaran Kelas C ; Kebakaran ini disebabkan oleh listrik dan termasuk kebakaran pada alat-alat listrik (kebakaran pemukiman warga dan pertokoan)
  • Kebakaran Kelas D ; Kebakaran ini terjadi terhadap bahan berjenis logam, magnesium, serbuk alumunium, sodium dan lain sebagainya (kebakaran tempat tambang dan pabrik mesiu)
Sekilas Info : Pada tahun 1946 terjadi kebakara pabrik mesiu di Bandung. Kebakaran tersebut adalah awal sejarah perjuangan rakyat Bandung untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari sekutu. Ditengarahi karena sekutu masih menduduki Kota Bandung meski rakyat Indonesia sudah memfroklamirkan kemerdekannya pada tahun 1945. Meski bukan pabrik milik negara, kebakaran tersebut menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi rakyat Bandung, karena menjalar hampir keseluruh kota Bandung. Sehingga dikenal dengan “Bandung Lautan Api”.

Kebakaran adalah salah satu jenis bencana yang disebabkan kelalaian manusia. Karena kelalaian tersebut bisa menimbulkan kerugian yang sangat besar, baik materi bahkan menyebabkan hilangnya nyawa. Sedangkan penyebabnya ditimbulkan hanya karena hal-hal yang sepele diantaranya lupa mematikan kompor sebelum meninggalkan rumah, membuang puntung rokok sembarangan dan lain sebagainya.

Sebagai masyarakat yang bijak tidak ada salahnya jika kita selalu waspada akan dampak yang sangat merugikan diri sendiri bahkan merugikan orang lain. Jangan sampai orang-orang yang kita kasihi kehilangan nyawanya karena kelalaian kita. Lalu bagaimana pencegahannya jika kebakaran tersebut terjadi di rumah kita?.

Berikut pencegahan agar rumah terhindar dari kebakaran

1] Sebelum meninggalkan rumah pastikan kompor, lampu minyak dipadamkan sebelum meninggalkan rumah.

2] Tidak mengisi bahan bakar saat kompor sedang menyala.

3] Jika kompor terbakar lakukan tindakan sebagai berikut ;
  • Gunakan karung basah untuk memadamkan api
  • Singkirkan bahan-bahan yang mudah terbakar
  • Mintalah bantuan kepada tetangga
  • Jika semua itu gagal maka segeralah meninggalkan tempat
4] Tidak meninggalkan peralatan listrik seperti setrika, kipas angin, pemasak nasi, kompor listrik dalam keadaan menyala atau tetap tertancap pada saklar listrik.

5] Tidak memasang tusuk kontak listrik secara bertumpuk-tumpuk.

6] Tidak melakukan penggantian sekring pemutus arus induk tanpa ijin PLN (jika terjadi kebakaran pada instalasi listrik tindakan yang harus dilakukan adalah padamkan aliran arus listrik lalu siramlah menggunakan air).

7] Jangan merokok di tempat tidur.

8] Jangan memasang meletakkan obat nyamuk terlalu dekat di tempat tidur.

9] Jangan membakar sampah pada saat terik matahari dan angin kencang.

10] Jauhkan bahan-bahan mudah terbakar dari api seperti bensin, pengencer cat dan minyak tanah.

“Sekian dari saya semoga bermanfaat”
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar