Sepak Bola : Sejarah Piala Dunia (FIFA WORLD CUP) - Blog Pak Yogi

Sepak Bola : Sejarah Piala Dunia (FIFA WORLD CUP)

Pertandingan internasional (antar negara) pertama kali diadakan di Glasgow yaitu dimainkan antara Negara Skotlandia dan Negara Inggris pada tahun 1872 dengan skor akhir 0-0. Dua belas tahun kemudian di tahun 1884 turnamen sepak bola Internasional diadakan pertamakali dengan kejuaraan yang bernama British Home Championship. 

British Home Championship adalah kejuaraan turnamen sepak bola tertua yang diadakan setiap setahun sekali. Turnamen ini diikuti oleh empat tim nasional sepak bola diantaranya Britania Raya (Inggris), Skotlandia, Walles, dan Irlandia.  Setelah seratus tahun kemudian di tahun 1984 turnamen ini diberhentikan.
Memasuki abad ke-20 olahraga sepak bola mulai popular di penjuru dunia. Pada tahun 1900 dan 1904 sepak bola mulai dipertandingkan dalam pagelaran Olimpiade Musim Panas dan pada Olimpiade Musim Panas ini diadakan tanpa medali. Ya, semacam pertandingan hiburan yang diikuti oleh pemain-pemain amatir (partai tambahan jika di pertandingan tinju). Baru pada tahun 1908 sepak bola amatir menjadi bagian dari olahraga yang dipertandingkan secara resmi di Olipiade untuk pertama kalinya.
http://www.munawirsuprayogi.com/2018/06/sejarah-piala-dunia.html

Bersamaan sejak sepak bola mulai dipertndingkan di Olimpiade Tahun 1904 sejak itu pula ide melahirkan kejuaraan sepak bola dunia tercetus di Paris- Prancis [BACA JUGA Daftar Julukan Timnas Sepak Bola Di Seluruh Dunia]. Dalam kongres ini FIFA memutuskan untuk melaksanakan ide menyelenggarakan kejuaraan piala dunia diluar program Olimpiade pada tahun berikutnya pada tahun 1906 di Swiss. Karena baru pertama kali kompetisi diselenggarakan dan masih sangat awal bagi perkembangan sepak bola internasional, kompetisi tersebut jarang sekali peminatnya. Maka sejarah FIFA pun menjelaskan bahwa kompetisi tersebut adalah sebuah kompetisi yang gagal.


Selanjutnya pada tahun 1909 di Torino – Italia diselenggarakan sebuah turnamen sepak bola yang bernama “Sir Thomas Lipton”. Negara yang mengikuti turnamen ini diantaranya adalah Italia, Jerman, dan Swiss. Masing-masing negara tersebut mengirimkan klub mereka yang paling prestisius ke turnamen ini.
Peraturan sepak bola Inggris (FA) menolak tawaran untuk ikut serta dalam turnamen tersebut (Sir Thomas Lipton).
Prestesie adalah sebuah kehormatan, wibawa dan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang sehingga orang tersebut menjadi istimewah.
Prestesius adalah sesuatu yang dibanggakan oleh masyarakat, sehingga apabila orang memiliki hal tersebut (prestesie) maka orang tersebut akan di hormati oleh masyarakat sekitar.

Jules Rimet dan Henri Delaunay peserta kongres di Amsterdam tahun 1928 mempersiapkan sebuah kejuaraan bernama WORLD CUP yang akan berlangsung setiap 4 tahun sekali. Setahun kemudian kongres FIFA tanggal 17 sampai tanggal 18 Mei 1929 di Barselona – Spanyol, Uruguay mendapat dukungan dari 23 peserta kongres menjadi tuan rumah piala dunia pertama yang akan diselenggarakan di tahun 1930.

Pada saat itu Uruguay menyingkirkan pesaing-pesaingnya dalam merebutkan tuan rumah diantaranya negara Hungaria, Italia, Belanda, Spanyol, dan Swedia. Piala kejuaraan ini pada awalnya dikenal dengan Piala Jules Rimet (nama yang diberikan kepada pencetusnya sebagai tanda penghormatan).
Piala Jules Rimet dibuat oleh seniman seni rupa Prancis yang bernama Abel La Fleur yang berbentuk oktagonal berlambangkan bumi dipegang oleh Dewa Kemenangan yang bernama Nike (Dewa Yunani Purba). Piala ini dibuat dari bahan emas mempunyai berat 3,8 kg serta tinggi 35 cm.
Piala Dunia yang pertama kali diadakan di Uruguay yang berlangsung pada tanggal 13 sampai 30 Juli 1930 diikuti oleh 13 Negara yang turut serta diantaranya 6 dari Amerika Selatan, 5 dari Eropa, dan 2 dari Amerika Utara.
Negara yang masuk ke babak semi final adalah negara Amerika dengan mengalahkan Belgia 3-0, dan Prancis mengalahkan Meksiko dengan skor 4-1. Selanjutnya yang masuk ke babak final adalah Uruguay dan Argentina. Juaranya adalah Uruguay dengan memenangkan pertandingan dengan skor 4-2 di depan penonton yang berjumlah 93.000. Pertandingan berlangsung di stadion Montevideo dan sekaligus Uruguay menjadi negara pertama yang merebut Piala Jules Rimet.
Gol pertama dalam sejarah Piala Dunia dicetak oleh pemain Prancis yang bernama Lucient Laurent.
Tahun 1938 putra terbaik Indonesia bersama Pemerintahan Hindia Belanda ikut serta dalam kompetisi Piala Dunia yang diselenggarakan di Prancis.
Selama perang dunia II kejuaraan ini berhenti selama 12 tahun, dan dimulai kembali tahun 1950 di brazil.
Piala Jule Rimet pernah dicuri sewaktu dipamerkan di Stampex Exhibition di Westminster Central Hall – London saat akan berlangsungnya Piala Dunia di Inggris tahun 1966. Dan syukurnya setelah 7 hari berselang piala tersebut ditemukan oleh seekor anjing yang bernama Pickles.
Pada tahun 1970 di Meksiko FIFA telah mempercayakan kepada Negara Brazil untuk menyimpan piala Jules Rimet karena menjadi negara pertama yang mampu menjuarai sebanyak 3 kali 1958, 1962, dan 1970.
FIFA kemudian membuat piala dunia baru dengan menggunakan emas 18 karat, dengan tinggi 36 cm dan mempunyai berat 4,97 kg serta dirancang oleh seni rupa terkenal dari Italia yang bernama Silvio Gazzaniaga yang digunakan hingga saat ini. FIFA menetapkan hanya pemimpin negara dan pemenang piala dunia saja yang boleh menyentuh piala tersebut. Kemudian replika piala dunia yang dilapisi oleh emas akan diberikan untuk disimpan oleh juaranya.

Piala dunia diikuti oleh 24 tim pada tahun 1982 yang sekaligus memberi harapan lebih besar untuk mengikuti turnamen ini dari berbagai benua diantaranya Asia, Afrika, dan sebagian negara Amerika Utara. Semenjak itu juga tim-tim dari kawasan tersebut menjadi lebih produktif masuk babak semi final. Beberapa diantaranya negara Kamerun pada tahun 1990.
Penambahan peserta turnamen menjadi 32 tim pada tahun 1998

Sekian dari saya “semoga bermanfaat” 

Beli gula diberi es batu. Sampai berjumpa lagi dilain waktu
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar