Sepak Bola : Hanya 1 Cara Supaya Menjadi Pemain Profesional - Blog Pak Yogi

Sepak Bola : Hanya 1 Cara Supaya Menjadi Pemain Profesional

Sepak bola adalah jenis permainan bola besar yang dimainkan oleh dua regu/tim yang saling merebut bola untuk memasukkannya ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Permainan sepak bola yang sesungguhnya yaitu dimainkan di lapangan yang berbentuk persegi panjang yang berumput.

Di dalam permainan sepak bola ada pemain inti dan pemain cadangan. Sedangkan posisi dalam satu tim ada penjaga gawang, bek (bek tengah dan bek sayap), gelandang (gelandang bertahan, gelandang sayap, dan gelandang tengah), penyerang (penyerang bayangan, penyerang murni, dan penyerang sayap).

Sepak bola termasuk permainan beregu, maka seorang pemain harus saling bekerja sama dalam permainannya untuk mendapatkan kemenangan. Tentunya dalam bekerja sama tersebut antara satu pemain dengan pemain yang lain harus mempunyai insting yang kuat dan selaras dalam menyusun taktik dan strategi permainannya.

Seseorang untuk menjadi pemain sepak bola professional tidak bisa didapat dengan sekejap seperti membalikkan telapak tangan. Untuk menjadi pemain yang professional harus disertai dengan tekad dan usaha. Namun hanya satu yang harus tertanam dalam diri seseorang tersebut, apa? Yaitu “Mempunyai motifasi terhadap diri sendiri/percaya diri. Ya, itulah 1 Cara Supaya Menjadi Pemain Sepak Bola Yang Profesional.

http://www.munawirsuprayogi.com/2018/06/sepak-bola-hanya-1-cara-supaya-menjadi-pemain-yang-profesional.html
Gambar pemain bintang
sepak bola dunia

Lalu apa saja faktor-faktor pendukung yang harus tertanam atau dasar-dasar yang menyokong supaya seseorang mendapatkan kepercayaan diri yang kuat. Ya, tentunya agar menjadi pemain sepak bola yang professional ?. Berikut pemaparannya.

Menguasai teknik dasar sepak bola

  1. Menendang (kicking); mampu atau menguasai tendangan dengan ujung kaki, kaki bagian dalam, tempurung /kura-kura/punggung kaki, dan kaki bagian luar. Seperti menendang bola kearah teman (passing) dan Menendang bola kearah gawang (shooting).
  2. Menggiring (dribbling); mampu atau menguasai membawa/menggiring bola dengan kaki bagian dalam, ujung kaki, dan kaki bagian luar.
  3. Menyundul (heading); mampu menyundul atau heading bola.
  4. Menahan/menghentikan bola (stoping) ; mampu menahan/menghentikan/mengontrol bola dengan kaki bagian dalam, menghentikan bola dengan telapak kaki, dan menghentikan bola dengan punggung kaki.
  5. Menguasai teknik merebut bola dari lawan.

Mengetahui peraturan permainan

Salah satu syarat pemain dikatakan professional adalah dia mengetahui dan paham atas semua peraturan dalam permainan sepak bola. Seorang pemain tidak mungkin mampu bermain dengan baik dan menarik jika dia tidak tahu peraturan sepak bola, karena dia akan ngawur/sembarangan dalam bermain sepak bola. Seperti sewaktu wasit meniupkan pluit pertamanya, seperti bagaimana keabsahannya membody lawan, sewaktu kipper keluar dari areanya dan lain sebagainya.

Pola latihan

  1. Teratur ; diawali dengan streaching/penguluran, pemanasan, latihan inti, releksasi/pendinginan. Melakukan latihan sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
  2. Continue ; dilakukan secara terus-menerus dan tidak over time. Maksudnya latihan dalam sehari 10 sampai 15 menit lebih baik daripada melakukan latihan 8 jam penuh dalam 1 minggu atau tidak tentu harinya.
  3. Terjadwal ; semua kegiatannya dicatat/discedulkan dengan harapan mengetahui perkembangan kemampuannya dari hari-kehari. Dan menargetkan apa saja yang harus dilatih di hari berikutnya.
  4. Step by step ; dimulai dengan latihan yang ringan, lalu menuju latihan yang agak berat, kemudian berat dan seterusnya sesuai kapasitas daya tahan ototnya.
  5. Disiplin ; berusaha/memaksakan diri untuk selalu giat dalam berlatih sesuai yang anda jadwalkan.

Pola makan

Mulai dari memilih jenis makanan yang sehat, bergizi, bersih, dan tidak kotor. Gizi seimbang sangat penting untuk meningkatkan perkembangan tubuh/otot dan otak seseorang. Seseorang bisa menggunakan patokan makanan 4 sehat 5 sempurna. Asupan gizi yang sesuai dengan tubuh terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, mineral, dan air.

Lalu bagaimana cara anda dalam mengkomsumsinya (pola maka) supaya asupan zat-zat yang yang ada bisa terserap dengan baik di dalam tubuh kita (kapan disaat anda memakannya, bagaimana cara mengunyahnya, dan apa saja yang dianjurkan serta dilarang setelah mengkonsumsinya). Setelah itu tentunya anda harus tahu zat-zat apa saja yang harus diutamakan bagi pemain sepak bola.

Sumber energi/tenaga kebanyakan terdapat pada padi-padian, tepung, umbi, sagu, dan pisang. Sumber zat pengatur di dalam sayur mayur dan buah-buahan. Sumber pembangun terdapat dalam daging ayam, telur, susu, dan kacang-kacangan.

Mengetahui jenis-jenis latihan

  1. Latihan kekuatan ; angkat beban disesuaikan dengan jenis latihan yaitu sepak bola. Anda jangan sampai salah dalam latihan angkat beban. Bahwasannya dalam tiap-tiap bidang olahraga tipe (baik berat dan pola gerakan) atlet dalam latihan angkat beban berbeda-beda. Seperti halnya latihan angkat beban yang dilakukan pemain sepak bola berbeda latihannya dengan pemain bola voli.
  2. Selanjutnya meski dalam olahraga sepak bola gerakannya lebih dominan menggunakan kaki, anda tidak serta merta melupakan/meninggalkan latihan bagian tubuh yang lainnya. Tentu tujuannya adalah supaya mendapatkan kekuatan otot yang seimbang/balance. Karena pada dasarnya gerakan dalam olahraga adalah gerakan yang saling berkesinambungan (gerakan awal harus didukung oleh gerakan selanjutnya). Kemudian latihan kekuatan tersebut bisa juga didapat melalui latihan squat jump, squat thrust, push up, back up, dan pull up.
  3. Latihan kelenturan ; latihan kelenturan bisa dengan berlatih mencium lutut, memegang ujung kaki, berlari-lari kecil sambil meliuk-liukan badan dan lain sejenisnya.
  4. Latihan kecepatan ; pada umumnya latihan kecepatan untuk pemain sepak bola berupa shuttle run, sprint, latihan memindahkan benda dengan tapat dan cepat, berlari di tanah yang berpasir, dan sejenisnya.
  5. Latihan kelentukan ; kelentukan adalah keleluasaan dalam menggerakkan otot-otot persendian. Latihannya berupa memutar leher, menggerakkan bahu ke kanan dan kekiri, pinggang, punggung, pinggul, lutut, dan seterusnya.
  6. Latihan Daya Tahan Tubuh ; jantung, paru-paru, dan otot bisa berlatih berupa lari jarak jauh/jogging, jalan kaki, bersepedah, renang, dan sejenisnya.
  7. Latihan respon ; biasanya di sekolah atlet alat yang digunakan melatih respon adalah berupa mesin yang mana kita dihadapkan dengan beberapa lampu yang berwana. Ketika salah satu lampu yang berwarna tersebut menyala (misalkan merah) maka kitapun disuruh sesegera mungkin memencet tombol yang berwarna merah (tombol yang sesuai dengan warna lampu yang menyala tadi). Lalu bagaimana jika kita tidak mempunyai alat tersebut ?. Dont worry, kita bisa mensiasatinya dengan permainan yang sederhana yaitu dengan bantuan teman. Adapun jenis permainannya yaitu sebagai berikut ; Mula-mula kita sebelumnya sudah mendapatkan kesepakatan dengan teman kita. Misalnya latihan yang pertama, ketika teman mengucapkan kanan maka kita harus dengan segera lompat kekanan, ketika teman kita mengucapkan kiri maka kitapun harus dengan segera lompat kekiri, dan seterusnya (sesuai kesepakatan). Begitupun selanjutnya yaitu latihan yang kedua. Ketika teman kita mengucapkan kanan maka kita lompat ke kiri, dan ketika teman kita mengucapkan kiri maka kita dengan segera lompat ke kanan, maju, mundur, dan seterusnya.
Baca Juga
  1. Cara Alternatif Menjaga Kebugaran Bagi Pekerja Super Sibuk
  2. Gobak Sodor
  3. Permainan Bentengan
  4. Bola Kasti

Sparing

Sparing atau latihan tanding berfungsi untuk membiasakan diri anda dalam bermain sepak bola sebelum bermain di pertandingan yang sesungguhnya. Jadi pada intinya anda sudah dalam keaadaan siap untuk menghadapi pertandingan yang sesungguhnya.

Cari tahu bakat anda

Maksudnya, cari tahu bakat yang paling menonjol dalam diri anda. Jika dirasa anda mampu berlari dengan cepat anda bisa memposisikan diri anda sebagai striker/penyerang atau gelandang. Jika anda lebih menonjol dalam respon, anda bisa memilih posisi sebagai penjaga gawang. Dan jika anda lebih menonjol dalam bertahan dan merebut bola tentunya anda harus memilih posisi sebagai bek/pemain bertahan.

Perbanyak jam tayang

Sering bermain dengan teman yang baru, mengikuti banyak pertandingan, selalu mencari lawan atau kawan baru. Tujuannya supaya anda mengetahui gaya dan pola masing-masing pemain lain.

Selalu mencoba mencari/menerapkan gaya permainan yang baru

Mengembangkan dari teknik dasar permainan sepak bola ke teknik-teknik yang baru (berkelanjutan). Jika anda sudah menguasai teknik dasar mengoper/mengumpan bola dengan kaki bagian dalam, punggung kaki, kaki bagian luar, anda harus sesekali mencoba mengoper bola dengan tumit, lutut, bahu, kepala dan lainnya. Hal ini melatih meningkatkan kemampuan anda dalam bermain bola.

Sering menonton atlet pesepak bola professional ketika bermain

Menonton pemain idola sepak bola kita tentunya dengan tujuan sebagai bahan rujukan atau menirukannya nanti ketika bermain bola di lapangan. Selanjutnya diusahakan pilih yang memang benar-benar professional ditingkat dunia seperti CR7 / Cristiano Ronaldo.

Selalu mentaati instruktur dari pelatih

Seorang pelatih ibarat orang tua kita di lapangan. Dia selalu memantau perkembangan kita sehari-hari, tentunya pelatih lebih tahu dengan perkembangan kita dalam berlatih. Sudah di level berapa kah kemampuan kita sekarang dalam latihan ?, hanya seorang pelatih yang mengetahuinya.  Dan selanjutnya sorang pelatih akan selalu memberi jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kemampuan kita. Oleh sebab itu jangan pernah meremehkan/mengacuhkan intruksi dari pelatih.

Selalu menjaga sportyfitas ketika bermain

Biasakan diri anda bermain secara sportyf. Dalam hal ini diharapkan anda akan lebih mendapatkan peningkatan permainan anda yang signifikan (terus meningkat). Logisnya jika anda selau bermain curang atau selalu menggunakan taktik diving, akan tidak mungkin kemampuan permainan anda seperti menggiring bola dan yang alainnya tidak akan terasah/terlatih (kemampuan permainan anda hanya di level itu-itu saja).

Gaya hidup yang sehat

Hindari gaya kehidupan malam/bergadang, minum-minumana beralkohol, merokok, istirahat yang cukup. Tujuannya yaitu untuk menjaga kondidi tubuh agar tetap bugar dan sehat.

Menguasai lapangan

Menguasai mulai dari awal pertandingan sampai selesainya pertandingan. Di situ kita selalu dituntut untuk mengetahui dan paham akan seluk beluk lapangan (apakah basah, kering , atau lembab). Serta juga menguasai kondisi di sekitar lapangan seperti sorakan penonton. Anda harus mampu berkonsentrasi hanya kepada jalannya pertandingan. Kunci supaya anda menguasai lapangan dengan cara selalu mengarahkan pandangan kita ke bola. Ya, sesekali tidak apa-apa kita berkomikasi dengan teman jika dirasa itu perlu.

Izin kepada kedua orang tua

Setidaknya kedua orang tua kita tahu bahwa kita hobby dan ingin berkonsentrasi dalam bidang sepak bola. Anda harus izin secara baik-baik kepada kedua orang tua anda. Anda tidak perlu menceritakan secara panjang lebar tentang pemain sepak bola yang sudah terkenal dan sukses, tapi yang anda harus tunjukkan kepada kedua orang tua anda hanya sikap besungguh-sungguh dalam berlatih sepak bola.

Mungkin itu dulu pemaparan penulis mengenai kiat-kiat untuk menjadi pemain sepak bola yang profesional. Selanjutnya mungkin ada juga yang ditanyakan tentang pemaparan penulis yang berjudul “Sepak Bola : Hanya 1 Cara Supaya Menjadi Pemain Yang Profesional”. Silahkan/monggo.


Sebelumnya saya ucapkan banyak berterimakasih kepada pengunjung karena sudah merelakan waktunya  untuk membaca pemaparan penulis. Selanjutnya, apabila ada kesalahan kata atau kalimat yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Sukses selalu wahai pengunjung. “peace, love, and gaul”…..ya..
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar