Sepak Bola ; Teknik Dasar Permainan (Bagian 1) - Blog Pak Yogi

Sepak Bola ; Teknik Dasar Permainan (Bagian 1)

Kali ini penulis ingin memaparkan/menjelaskan tentang teknik dasar permainan sepak bola. Mungkin pemaparan kali ini adalah pemaparan lanjutan dari artikel penulis sebelumnya yang berjudul “Sepak Bola : Hanya 1 Cara Supaya Menjadi Pemain Yang Profesional”. 

http://www.munawirsuprayogi.com/2018/06/teknik-dasar-permainan-sepak-bola.html
Gambar Cristiano Ronaldo Lagi Santai

Teknik dasar adalah pengetahuan awal mengenai tata cara yang sudah ditentukan sesuai kaidah-kaidahnya untuk menguasai bidang-bidang tertentu (dalam hal ini sepak bola). Jadi teknik dasar sepak bola adalah tata cara yang paling mendasar yang harus dikuasai oleh pemain sepak bola.

Mengapa kita harus menguasai teknik – teknik dasar dalam permainan sepak bola ?. Tentu tujuan utamanya adalah untuk mempermudah kita dalam mengembangkan gaya permainan kita selanjutnya dan pada saat kita bertanding sepak bola di lapangan. Itu….(jargon Andre Taulani memerankan “Mario Sepuh”). Oke langsung saja, berikut pemaparan teknik-teknik dasar permainan sepak bola.

I. Menendang (kicking)

Menendang bola adalah suatu gerakan mengayunkan kaki mengenai bola yang bertujuan untuk mengarahkan bola tersebut ke sasaran tertentu (sesuai dengan kehendak kita). Adapun teknik-tenik dasar menendang bola yaitu diantaranya sebagai berikut ;

a. Tendangan bola menggunakan kaki bagian dalam

  1. Sikap awal berdiri di dekat bola dan usahakan bola tepat di depan kita. 
  2. Kaki tumpu didekatkan dengan bola dan usahan kaki tumpu sejajar dengan bola. 
  3. Pandangan kearah bola 
  4. Lutut kaki tumpu ditekuk sedikit dan kaki penendang ditarik ke belakang sesau jangkauan (tidak boleh terlalu jauh kebelakang) 
  5. Ayunkan kaki kearah bola dan mengenainya 
  6. Pergelangan kaki diputar ke luar (jika kaki kanan yang digunakan untuk menendang, maka arah pergelangan kaki ke kanan. Sebaliknya jika pemain kidal, maka arah pergelangan kaki ke kiri)

b. Tendangan bola menggunakan ujung kaki

  1. Berdiri dan letakkan kaki tumpu di samping bagian belakang bola 
  2. Kedua lengan tangan di samping badan dan sedikit merentang 
  3. Pandangan menuju bola 
  4. Tarik kaki penendang ke belakang lalu ayunkan ke depan menuju bola, dengan ujung telapak kaki mengarah ke bola 

c. Tendangan bola menggunakan punggung kaki/kura-kura kaki

  1. Berdiri dan letakkan kaki tumpu di samping bagian belakang bola 
  2. Kedua lengan tangan di samping badan dan sedikit merentang 
  3. Pandangan menuju ke bola 
  4. Tarik kaki penendang ke belakang lalu ayunkan ke depan menuju bola dengan telapak kaki mengarah ke tanah/bawah

d. Tendangan bola menggunakan kaki bagian luar

  1. Berdiri sejajar dengan bola dan kaki tumpu sedikit jauh dari bola 
  2. Sikap kedua lengan tangan merenggang 
  3. Tarik kaki penendang ke belakang lalu ayunkan mengarah ke bola 
  4. Pergelangan kaki penendang mengarah ke dalam 
Catatan ;
Pada saat akan melakukan gerakann tendangan, menahan, melempar, dan menangkap bola tarik nafas terlebih dahulu dan keluarkan nafas ketika gerakan sesaat akan mengenai bola. Tujuannya yaitu untuk mendekati kesempurnaan hasil yang diharapkan ”. Untuk selanjutnya catatan ini harus selalu di terapkan pada teknik-teknik dasar olahraga yang lain (khususnya sepak bola).
Selalu menggunakan atau menerapkan gerakan lanjutan ketika sesudah melakukan gerakan teknik dasar. Contoh pada saat melakukan teknik dasar menendang, gerakan lanjutan badan di tarik ke belakang.
Apabila situasi dan kondisinya sudah dalam pertandingan, maka sesegara mungkin (reflex) melakukan ke gerakan selanjutnya (jangan bengong). 

II. Menggiring (dribbling)

Menggiring bola adalah suatu gerakan usaha dari pemain dalam permainan sepak bola agar bola tidak bisa direbut oleh lawan. 

[ Baca Juga ] Kamus Sepak Bola

a. Menggiring bola dengan punggung kaki

  • Sikap kaki ; kaki yang akan digunakan menggiring bola berada lebih di depan daripada kaki tumpuan. Pergelangan kaki mengarah ke bawah ketika hendak mengenai bola, lutut kaki yang mengenai bola agak ditekuk dan kaki yang dibelakang untuk tumpuan berat badan. 
  • Sikap badan tegap (maksudnya tegap di sini adalah dikencangkan otot-otot badan kita tapi masih dalam keadaan rileks pada saat melakukan gerakan selanjutnya). 
  • Sikap tangan di samping badan (tujuannya untuk menjaga keseimbangan) 
  • Gerakan ; kaki depan mendorong bola dengan diikuti kaki belakang (selalu melangkah ke depan). Usahakan bola tidak terlalu jauh dengan kita. 

b. Menggiring bola dengan kaki bagian dalam

  • Sikap kaki ; kaki yang akan digunakan mendorong bola berada lebih didekat bola daripada kaki tumpuan. Pergelangan kaki mengarah ke samping luar ketika hendak mengenai bola (baca keterangan pemain kidal dan kanan pada penjelasan teknik dasar “Tendangan bola menggunakan bagian dalam”). Lutut kaki yang mengenai bola agak ditekuk dan kaki yang dibelakang untuk tumpuan menahan berat badan. 
  • Sikap badan tegap serta rileks 
  • Sikap tangan di samping badan (tujuannya untuk menjaga keseimbangan) 
  • Gerakan ; kaki depan mendorong bola dengan diikuti kaki belakang (selalu melangkah ke depan). Usahakan bola tidak terlalu jauh dengan kita.

c. Menggiring bola kaki bagian luar

Pada dasarnya teknik ini mirip dengan teknik sebelumnya yaitu “Menggiring bola dengan punggung kaki dan Menggiring bola dengan kaki bagian dalam”, hanya perbedaannya yaitu terletak pada arah telapak kaki. Untuk teknik ini pergelangan kaki mengarah ke dalam. 


III.
Menahan bola (stoping)

Menahan bola adalah suatu usaha gerakan pemain dalam menerima bola untuk dikuasai baik bola dari kawan atau bola dari lawan (bola liar hasil dari tendangan lawan). 

Selanjutnya sesuai dengan kenyataan bahwasannya bola datang dalam keadaan yang tidak kita duga sebelumnya. Maksudnya, ada bola yang datangnya melambung, bola menyusur tanah, bola mendatar, dan ada pula yang membencinya….ini hidup.. Upss!! Terbawa lagunya bunda Titi Puspa oeu.. 

Adapun untuk kali ini penulis masih menjelaskan tentang beberapa teknik dasar dari menahan bola ketika menyusur tanah dan menggunakan kaki. Yaitu sebagai berikut ; 

a. Menahan bola dengan kaki bagian dalam

  1. Posisi badan sudah siap menghadap kearah datangnya bola 
  2. Posisi kaki yang akan menerima bola sudah diletakkan di depan (sesuaikan dengan jangkauan kita masing-masing) 
  3. Putar pergelangan kaki yang akan menerima bola terlebih dahulu 
  4. Tarik kaki kebelakang ketika sesaat bola mengenai kaki bagian dalam. 

b. Menghentikan bola dengan telapak kaki

  1. Posisi badan masih sama yaitu menghadap kearah datangnya bola. Namun untuk teknik ini badan agak dicondongkan ke depan 
  2. Kedua tangan di samping badan 
  3. Sambut datangnya bola dengan telapak kaki. Berarti telapak kaki dibuka/diarahkan keatas yaitu membentuk sudut 45º 
  4. Usahakan pada saat bola mengenai telapak kaki bola dalam keadaan terkurung (lengket dengan telapak kaki kita)

c. Menghentikan bola dengan punggung kaki

Sama tekniknya dengan uraian di atas. Tapi untuk teknik ini telapak kaki diarahkan ke bawah.


IV.
Menyundul (heading)

Menyundul bola (heading) adalah suatu gerakan pemain dalam mengarahkan bola menggunakan kepala. Adapun tujuannya yaitu mematahkan serangan lawan, memasukkan bola ke gawang lawan, mengumpan bola ke teman (passing). Selanjutnya teknik heading terbagi menjadi 4 diantaranya teknik heading dengan sikap berdiri, teknik heading dengan awalan, teknik heading dengan melompat, dan teknik heading dengan sikap melayang.

Pada dasarnya teknik heading hampir sama dengan teknik menghentikan bola yaitu ketika dan sesaat bola datang kearah kita gerakan kepala ditarik ke belakang (mengikuti arahnya bola). Namun dalam teknik menyundul yaitu usahakan bola tidak melekat di kepala tapi harus memantul kearah tujuan yang kita inginkan.

Berikut beberapa penjelasan teknik heading dengan sikap berdiri ; usahakan dalam menyundul bola selalu menggunakan kepala bagian dahi (bukan bagian kepala yang lain). Posisi badan selalu menghadapan ke arah datangnya bola dan badan agak condong ke depan (tujuannya untuk memudahkan menggerakkan badan ke belakang ketika bola sesaat datang mengenai kepala kita) dan ayunkan kepala ke depan atau kearah tujuan, kedua tangan ditekuk di sebelah bahu untuk menjaga keseimbangan, kaki direnggangkan sedikit melebihi lebar bahu dengan salah satu kaki diletakkan di depannya, lutut kaki sedikit ditekuk. Adapun gerakannya yaitu ketika bola datang badan ditarik kebelang dan menggerakkannya kedepan untuk gerakan lanjutannya (gerakan akhir).

Dalam teknik heading memang diperlukan insting dan filling pemain yang kuat, karena seorang pemain harus mampu mengira-ngira seberapa cepat bola melaju kearah kita dan seberapa besar kekuatan yang kita keluarkan.

V. Menangkap bola

Seperti yang kita ketahui bahwasannya dalam permainan sepak bola yang diperbolehkan memegang bola hanya penjaga gawang. Itupun bisa dilakukan harus di area penjaga gawang.
Jika ditinjau dalam segi menerima datangnya bola pada intinya menangkap bola tekniknya hampir sama atau menyerupai dengan teknik dasar menyundul dan menghentikan bola yaitu gerakan tangannya ditarik kebelakang pada saat bola datang.
Dalam menangkap bola biasanya si penjaga gawang dihadapkan beberapa kriteria bola diantaranya menangkap bola lambung, bola menyusur tanah, dan bola mendatar (kurang lebih horizontal). Di bawah ini adalah penjelasannya ;

a. Menangkap bola lambung

  • Posisi badan selalu menghadap kearah datangnya bola 
  • Posisi tangan sudah keadaan siap yaitu di tekuk dengan telapak tangan berada pas di depan wajah kita. Posisi tangan seperti ini bertujuan untuk memudahkan kita mengira-ngira jatuhnya posisi bola (meneropong). 
  • Telapak tangan membentuk selebar bola dan sudah keadaan siap untuk menangkap bola. 
  • Posisi lutut kaki sedikit di tekuk dan di lebarkan 
  • Pada saat datangnya bola tangan agak ditarik kebelakang. Hal ini bertujuan supaya bola menempel di telapak tangan kita. 

b. Menangkap bola menyusur tanah

  • Untuk posisi badan masih sama yaitu menghadap ke arah datangnya bola serta badan tegap 
  • Kipper dalam posisi jongkok dan salah satu lututnya diletakkan ke tanah. Adapun tujuan dari salah satu lututnya diletakkan ke tanah yaitu sebagi tumpuan. 
  • Posisi tangan mengarah kedepan dan ditempelkan ke tanah 
  • Siku tangan ditekuk membentuk sudut 135º 
  • Pada saat datangnya bola gerakan lanjutannya yaitu bola langsung kita rekatkan ke badan.

c. Menangkap bola mendatar

Biasanya untuk arah bola mendatar laju bolanya sedikit kencang daripada menyusur tanah ataupun melambung, dan untuk masalah ini kipper alangkah baiknya menangkapnya/menahan bolanya harus menggunakan gerakan lompatan dan gerakan lanjutannya bola langsung didekapnya kearah perut. Untuk posisi badan masih sama oeu (selalu menghadap kearah datangnya bola).
Pesan untuk penjaga gawang pada saat pertandingan; jika dirasa laju bolanya kencang jangan ditangkap ya, tapi ditepis saja (boleh keatas atau keluar lapangan, asal jangan mengarah kearah lawan).

VI. Melempar bola

Melempar bola sebenarnya tidak ada teknik khusus untuk penjaga gawang pada saat di areanya sendiri. Siapa saja tanpa penjelasan atau pembinaan khusus pasti bisa melakukannya, namun harus sering juga dilatih (melempar bola untuk penjaga gawang).

Karena adanya suatu peraturan di dalam permainan sepak bola yaitu tentang melempar bola ke dalam (Trow in), maka ada beberapa teknik melempar untuk pemain (baik penjaga gawang, bek, striker dan yang lain).
Untuk melempar ke dalam (trow in) posisi bolanya harus di atas kepala dan melemparnya menggunakan kedua tangan.
Berikut penjelasannya ;
  • Posisi badan tegap 
  • Untuk menghasilkan lemparan yang jauh, maka harus menggunakan ancang-ancang 
  • Posisi bola agak sedikit dibelakang kepala kita 
  • Gerakan badan mengikuti gerakan lanjutan kedepan, yaitu mengikuti ayunan tangan. 

Kesimpulan
- Menguasai teknik dasar permainan sepak bola adalah awal menuju permainan yang professional

Pesan
  • Selalu jaga keselamatan pada saat berlatih 
  • Sebelum memulai olahraga selalu awali dengan pemanasan untuk meminimalisir terjadinya cidera 
  • Hanya bermodalkan memahami teknik dasar namun tidak diiringi dengan giat berlatih, jangan harap anda akan menjadi pemain yang professional
  • Mainkan bola kita dan jangan sampai kita yang dipermainkan oleh bola 
  • Di sana gunung di sini gunung, di tengah-tengah ada sawah. Daripada anda masih bingung dan nanti termenung, lebih baik anda bertanya.

Kesan
  • Anda memang top wahai pengunjung
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar