15 Fakta : Sepak Bola Adalah Olahraga Paling Digemari Di Seluruh Dunia - Blog Pak Yogi

15 Fakta : Sepak Bola Adalah Olahraga Paling Digemari Di Seluruh Dunia

Mungkin diantara pembaca pernah berpikir "kenapa sepak bola selalu digemari ?", "kenapa jika ada pertandingan sepak bola pasti penontonnya ramai?", dan "kenapa selalu ada perbincangan dan berdebatan tentang sepak bola?. Entah itu dari hasil skor kah, tranfer pemain kah atau perpindahan pelatih. Yang pasti penulispun percaya bahwa sepak bola adalah olahraga yang paling digemari di seluruh dunia dibanding dengan olahraga yang lain.

Oh ya, penggemar sepak bola pun tidak hanya dari kalangan laki-laki saja, tapi dari kalangan perempuan kini banyak yang menggandrungi sepak bola. Baik orang besar atau anak kecil bahkan orang yang umurnya sudah tuapun banyak yang suka sama olahraga satu ini yaitu sepak bola.

Mungkin informasi penulis berikut dapat menjadi alasan kenapa sepak bola selalu digemari banyak orang diseluruh dunia. Oke langsung saja, berikut adalah 15 faktanya.
http://www.munawirsuprayogi.com/2018/07/15-fakta-sepak-bola.html
Cristiano Ronaldo dan Leonel Messi


1. Banyak Negara-Negara Yang Menginginkan Untuk Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia

Indonesia diantaranya, pada tanggal 19 Maret 2010 FIFA menolak pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia, karena kurangnya dukungan dari Pemerintah. Indonesia adalah satu diantara empat kandidat negara yang berada di benua Asia untuk mencalonkan diri. Sebelumnya ada Jepang, dan Korea (Korea Utara dan Korea Selatan) di tahun 2002 yang sudah sukses sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Argentina, Uruguay, dan Paraguay adalah negara yang digadang-gadang mencalonkan sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA tahun 2030 yang akan datang. Bahkan desakan tersebut mengatas namakan hak 100 tahunnya pagelaran Piala Dunia yang pertama diadakan di Uruguay.
FIFA ; persyaratan fasilitas yang harus dipenuhi dalam Piala Dunia 2026. Lapangan latihan 48 buah, hotel markas tim 48 buah, lapangan latihan di venue 2 sampai 4 perstadion, hotel tim di venue 2 sampai 4 perstadion, dan markas latihan wasit . Kapasitas stadion untuk pembukaan 80 ribu, laga grup lain 40 ribu, babak 32 besar 40 ribu, babak 16 besar 40 ribu, babak 8 besar 40 ribu, semi final 40 ribu, perebutan juara ke-3 40 ribu, final 80 ribu. (Viva. Com)


2. Banyak Orang Yang Menggemari Game Sepak Bola

Mulai game offline sampai yang berbasis online, dindong, nintendo, playstation, game mobile tidak bisa dipungkiri yang paling banyak diminati adalah bertemakan sepak bola. Pro Evolution Soccer 2017, FIFA Online 3 M, FIFA Mobile Soccer dan lain sebagainya yang hingga kini masih ramai peminatnya.
Dilansir dari EA Sport, Konami (Aqwan Fiaz Mi Hanifan)
Persaingan dua raksasa game dengan tema sepak sepak bola (FIFA dan PES). Angka diambil dalam juta copy ; 2007 PES 8,46 FIFA 6,38. 2008 PES 7,76 FIFA 6,4. 2009 PES 6,43 FIFA 6,2. 2010 PES 4,51 FIFA 10,71. 2011 PES 4,01 FIFA 15,5. 2012 PES 2,51 FIFA 13,15. 2013 PES 1,85 FIFA 16,15. 2014 PES 1,67 FIFA 17,4.
Kebayang bukan bagaimana banyaknya penggemar game bertemakan sepak bola dari pembuatan perkeping kopy kasetnya.


3. Banyak Perusahaan Menggunakan Pemain Sepak Bola Sebagai Model Iklan Produk Mereka

Perusahaan salah satu peralatan olahraga Nike menggunakan pemain sepak bola Cristiano Ronaldo. Perusahaan ini memberi kontrak 1 juta euro pertahun meski Critiano Ronaldo sendiri sudah mepunyai usaha dibidang yang sama yaitu perlengkapan sepak bola. Selanjutnya, David Beckham dikontrak oleh Adidas dengan nilai kontrak US$160 seumur hidup.
Oliver Giroud pemain berkebangsaan Prancis menjadi model perusahaan Hugo Boss dan Diex De Stade dengan pendapatan pertahun US$245 juta. Andrea Pirlo perusahaan Nike, Sergio Ramos Nike, Xabi Alonso Adidas dan Persche. 


4. Hampir Diseluruh Sekolah Banyak Siswa Yang Suka Olahraga Sepak Bola

Siapa yang tidak suka olahraga sepak bola ketika masih duduk di bangku sekolah. Apalagi guru olahraganya tidak hadir di sekolah, pasti yang paling dicari adalah bola (bola sepak). Meski bermain di lapangan dengan ukuran yang tidak sesungguhnya para siswa tidak kehabisan akal, mereka tetap bermain di lapangan yang ukurannya tidak terlalu luas dengan peraturan yang sama dengan sepak bola sesungguhnya (kreatif bukan?).


5. Acara Peringatan Yang Selalu Mengadakan Permainan Sepak Bola

Biasanya yang paling sering ketika peringatan 17 Agustusan untuk memperingati kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Meski terkadang jenis peraturan permainannya sedikit dimodifikasi (sekedar hiburan), tak jarang sepak bola adalah jenis permainan yang paling dipilih untuk memeriahkan acara tersebut. Seperti sepak bola dangdut, sepak bola memakai daster, sepak bola ikat kaki dan lain sebagainya.


6. Perusahaan Perfilman Yang Marak Menceritakan Tentang Sepak Bola

Shaolin Soccer 2001 pemeran utamanya adalah Stephen Chow yang sekaligus sebagai sutradaranya. Pastinya anda semua sudah pernah menonton bagaimana seru dan lucunya film ini kan?. Ya, fiml ini menceritakan sekawanan biksu yang sudah lama berpisah (alumni) yang ingin merubah nasibnya, dengan bermodalkan teknik beladiri shaolin. Pemeran utama  Stephen Chow tanpa disengaja bertemu dengan mantan pemain yang diperankan oleh Ng Man-tat. Selanjutnya mereka membentuk tim sepak bola.


Garuda di dadaku yang di sutradarai oleh Ifa Ifansyah yang dibintangi oleh Emir Mahira, Aldo Tansani, Marsha Aruan dan kawan-kawan di tahun 2009. Film ini mengkisahkan tentang seorang anak kelas 6 SD yang ingin menjadi pemain sepak bola.
Berikut film yang menceritakan sepak bola ; Escape To Victory tahun 1981, Mean Machine tahun 2001, Bend It Like Beckham tahun 2001, Zidane tahun 2006, Purely Belter tahun 2000, Cahaya Dari Timur tahun 2014, There’s Only One Jimmy Grimble 2000.

7. Suporter Panatik

Galatasaray klub sepak bola Turki, suporternya akan berteriak sepanjang laga petandingan dan selalu mengganggu konsentrasi lawannya. Bahkan pemain sepak bola klub Manchaster United Rian Giggs pernah berkata “Saya tidak pernah melihat pendukung sepanatik seperti pendukung Galatasaray, mereka sudah memenuhi seisi stadion padahal pertandingan akan baru dimulai dua jam kemudian”.

Urawa Boys adalah supporter panatik klub Urawa Red Diamonds – Jepang. Terbentuknya kelompok ini terinspirasi oleh Ultras Italia. Urawa Boys sering kali menunjukan figure tokoh revolusioner Amerika Selatan Che Guevara. Hal tersebut menunjukkan bahwa Urawa Boys tidak mau terbelenggu oleh ideology Kekaisaran Jepang.
Daftar suporter klub Indonesia ; The Jakmania Persija Jakarta, Bonek Persebaya Surabaya, Pasoepati Persis Solo, The Macz Man PSM Makassar


8. Klaim Sebuah Negara Akan Asal Usul Lahirnya Sepak Bola

Banyak negara-negara yang mengklaim dari mana asal usul lahirnya olahraga sepak bola. Cina diantaranya, pada abad sekitar 3 SM masyarakat daratan sudah memainkan jenis olahraga ini dengan sebutan “Tsu Chu”. Dijepang pada abad ke 8 M permainan ini dikenal dengan sebutan “Kemari”. Pada masa Romawi banyak dokumen-dokumen tentang olahraga sepakbola. Tidak ketinggalan pula klaim atas asal muasal sepak bola oleh Mesir Kuno dan Yunani. [Baca Juga] : Sejarah Piala Dunia.


9. Banyak Media-Media Yang Memberitakan Khusus Sepak Bola

Bola. Net adalah salah satu media berita khusus sepak bola. Media yang dipimpin oleh Darojatun ini memberitakan tentang seputar sepak bola mulai dari berita terupdate, prediksi, transfer pemain, hasil klasemen sementara dan lain sebagainya.

Bahkan media-media pertelevisian di Indonesia sering menyertakan saluran khusus berita tentang bola, seperti Sport 7 dan Galeri Sepak Bola di Trans 7, Antv Sport pun membuat Chanel tersendiri tentang sepak bola.


10. Hampir Disetiap Kampung Di Seluruh Indonesia Selalu Ada Yang Memainkan Sepak Bola

Hampir di setiap kampung pasti ada klub sepak bola. Bahkan tak jarang seperti pemain bola yang senior tidak segan-segan untuk melatih anak-anak di bawah usianya (junior) atau dengan kata lain SSB. Mulai dari pertandingan persahabatan antar kampung hingga merekapun mengadakan sebuah turnamen.


11. Banyak Sekolah-Sekolah Khusus Sepak Bola / Akademi Sepak Bola

La Masia - Barcelona, La Fabrica - Real Madrid, Ajax Amsterdam di Belanda, Real Sosiedet di Spanyol, Olympique Lyonnais di Prancis, Asiop Apacinti di Jakarta, Mitra Surabaya di Jawa Timur, Real Madrid Foot Ball Foundation di Sidoarjo - Jawa Timur, Kenambay Umbay di Jaya Pura - Papua, dan lain sebagainya.


12. Perusahaan Raksasa Yang Berminat Mensponsori Klub-Klub Elit Eropa

Daftar perusahaan besar yang pernah dan hingga kini mensponsori klub sepak bola ; Qatar Airways perusahaaan maskapai penerbangan Qatar mensponsori klub Bercelona, Fly Amirates maskapai penerbangan dubai Uni Emirates Arab Real Madrid, Arsenal, AC Milan, PSG dll, AON perusahaan asuransi London Inggris Manchaster United, Pirelli perusahaan ban Millano Italia Inter Milan, BNI Chalche Inggris, Bank Muamalat Arsenal Inggris, Garuda Indonesia Liverpool Inggris, Dan lain sebagainya yang tidak mungkin saya sebut namanya satu-persatu.


13. Piala Dunia Wanita

Setelah 61 tahun berlangsung diadakannya Piala Dunia FIFA untuk laki-laki yaitu tepatnya di tahun 1991 FIFA secara resmi mengadakan Piala Dunia untuk wanita. Konfederasi sepak bola untuk wanita sama dengan kompederasi laki-laki yaitu OFC, UEFA, CONCACAF, CONMEBOL, AFC, dan CAF [Baca Juga : Daftar Julukan Timnas Sepak Bola Di Seluruh Dunia].
FIFA memperkirakan ada 40 juta jiwa wanita yang bermain sepak bola diseluruh dunia saat ini. Wikipedia. org


14. Banyak Buku-Buku Yang Mengulas Tentang Teknik Permainan Sepak Bola



15. Selalu Ada Rivalitas Di Dalam Kompetisi Sepak Bola

Barcelona dan Real Madrid di Spanyol. Persib Bandung dan Persija Jakarta di Indonesia, Liverpool dan Manchester United, AC Milan dan Inter Milan, Timnas Indonesia dan Timnas Malaysia.
Rival adalah permusuhan, pertentangan, persaingan ; rasa-antara mereka sering menimbulkan perkelahian. (KBBI)


Kabayan beli nasi, Sekian terimakasih.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar