Cara Mengetahui Akun Facebook Palsu - Blog Pak Yogi

Cara Mengetahui Akun Facebook Palsu

Berikut penulis paparkan 7 ciri-ciri akun Facebook palsu. Diantara ciri-ciri tersebut yang bisa kita perhatikan diantaranya dari foto, nama, latar belakang, teman, status, nomor telepon, komentar/chating.

Kita tahu dewasa ini dalam perkembangan teknologi informatika khususnya sosial media seperti Facebook, banyak oknum yang dengan sengaja membuat akun palsu. Dan tidak jarang akun palsu tersebut digunakan untuk tindakan penipuan atau menyebarkan berita bohong (hoax). [ Baca Juga ] : Ciri-ciri Berita Hoax

Ada banyak selain dari tujuan yang penulis sebutkan di paragraf atas. Seperti akun Facebook palsu yang digunakan untuk menawarkan produk mereka, mempromosikan website, ajakan-ajakan ke golongan tertentu, atau sekedar iseng saja.
http://www.munawirsuprayogi.com/2018/07/cara-mengetahui-akun-facebook-palsu.html
Mungkin sebagian masyarakat sudah ada yang paham akan ciri-ciri akun Facebook yang palsu dan hal tersebut sudah biasa-biasa saja. Namun, ketika akun Facebook palsu tersebut dihadapkan kepada masyarakat yang awam dan apalagi tidak mengetahui tujuan dari akun facebook palsu tersebut maka bisa menjadi sangat meresahkan.

Cara Mengetahui Akun Facebook Palsu

1. Foto

Fotonya sedikit terutama foto profil dan foto sampulnya. Selanjutnya, jika foto profil atau foto sampulnya banyak biasanya berbeda/tidak ada kesamaan wajah/rupa antara foto yang satu dengan yang lainnya. Artinya, foto yang lama dengan foto yang baru wajahnya berbeda. Kita bisa memperhatikan meski ada kemiripan biasanya siempunya akun Facebook palsu jarang mengunggah foto bersama teman-temannya.

Jika kita selidiki lebih jauh lagi maka kita bisa menemukan foto-foto yang sama dengan akun orang lain (akun facebook si A dengan si B foto-fotonya sama).
Jika foto dirasa asing dan mengajak pertemanan kepada kita lebih baik jangan diterima. Dihawatirkan nantinya jika sudah diterima pertemanannya malah membuat kita resah (menipu kita atau megajak kepada tindakan-tindakan diskriminatif bahkan kriminal).

2. Nama

Kebanyakan nama yang digunakan aneh atau tidak seperti nama biasanya yang digunakan oleh masyarakat sehari-hari. Dan biasanya nama-nama yang digunakan adalah atau seperti nama bintang hiburan/publik figur terkenal.

3. Latar Belakang

# Keluarga
Pada kolom bagian latar belakang jika kita klik selengkapnya biasanya ada info keluarga. Dikolom tersebut pemilik akun Facebook palsu tidak mencatumkannya atau jika mencantumkannya biasanya akun keluarganyapun juga palsu dan ada kemiripan dengan siempunya akun palsu tersebut. Maksudnya, yang diunggah beberapa keluarganyapun minim informasi seperti foto dan latar belakangnya. Dengan demikian kita bisa berasumsi bahwa akun facebook keluarganyapun punya dia juga.

# Grup Facebook
Grup facebook yang diikutinya biasanya menyesuaikan dengan akun website pribadinya. Jika websitenya tentang info pendidikan atau guru pasti grup-grup yang diikutinya seperti Grup PGRI dan sejenisnya.

4. Teman

Temannya random (acak). Maksudnya, antara teman yang satu dengan yang lainnya tidak saling bertemanan di Facebook. Bisa juga antara teman yang satu dengan yang lainnya memang tidak saling berteman di dunia nyata (kehidupan sehari-hari/teman-temannya tidak dari satu wilayah atau satu daerah).

5. Status

Statusnya selalu menawarkan produknya dan tidak pernah memposting status yang biasa-biasa saja, seperti curahan perasaan terhadap kejadian disekitarnya. Dan biasanya berisi ajakan-ajakan yang sedikit berbau diskriminatif bahkan kriminal. Unggahannya selalu mendukung atau panatik yang berlebihan kepada satu tokoh atau satu golongan saja.

6. Komentar/ Chatting

Kita perhatikan komentar yang berada di unggahannya baik foto atau statusnya apakah ada kedekatan hubungan keluarga, kerabat dan teman seprofesi atau satu sekolah dengan siempunya. Jika terdapat komentar-komentar yang memang tidak ada hubungan keluaraga dan yang lainnya bisa kita indikasikan akun facebook tersebut adalah palsu.

Tidak mau diajak chattingan dan jika akunnya lawan jenis kita (cewek ataupun cowok) biasanya chattingan balasannya berupa rayuan kelas atas.

7. Nomor Telepon

Tidak menyertakan nomor telepon baik nomor telepon rumah atau seluler. Mungkin tujuan dari siempunya akun facebook palsu supaya tidak bisa ditelusuri lebih lanjut atas keberadaannya.

Namun ketika anda mempunyai akun Facebook memang dengan sengaja menyembunyikan latar belakang atau identitas seperti ciri-ciri yang penulis uraikan di atas dipersilahkan (syah-syah saja), itu hak anda dan memang kehendak masing-masing untuk mengamankan privasinya. Yang pasti menyembunyikan beberapa identitas bukan berarti anda telah membuat akun Facebook palsu. Bisa jadi tujuan anda menyembunyikannya adalah sekali lagi untuk keamanan pribadi anda, karena sekarang marak penipuan-penipuan dengan dalih menawarkan hadiah langsung via WhatsApp atau via SMS.

Mungkin cukup sekian penjelasan penulis tentang Cara Mengetahui Akun Facebook Palsu. Semoga bermanfaat.
Ingat kejahatan itu tidak harus dikarenakan niat pelakunya, tapi bisa juga dikarenakan ada kesempatan pelakunya. 
Ingat pertemanan di facebook itu tidak hanya dikarenakan elok parasnya saja, tapi juga harus diketahui keaslian akun facebooknya.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Facebook aku persis seperti uraian diatas tapi aku tidak palsu walau .... Ada pengalaman kurang menyenangkan Waktu ekspos semua. Sekarang facebookku hanya buat urusan bisnis. Namun teman teman diantara kami asli real.kayaknya, memang susah menjaga privasi di medsos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, saya percaya juga mbak akun Fbnya mbak Anissa g' palsu. Sebenarnya susah juga untuk menentukan akun Fb asli atau palsu. Tapi, intinya ketika kita mempunyai akun fb jangan disalah gunakan (membuat keresahan di masyarakat). Entah itu untuk kepentingan bisnis silahkan, mempromosikan website silahkan, atau promo2 yang lainnya.

      Mengenai menjaga privasipun akun fb saya banyak yang saya sembunyikan, khususnya no Hp. ya, itu tadi menghindari gangguan-gangguan oknum yang memang sengaja untuk melakukan tindak penipuan seperti menawarkan hadiah dan sejenisnya.

      Semoga kita semua selalu menjadi bermanfaat bagi orang-orang di sekitar dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT..amin

      Terimakasih atas kunjugannya Mbak Anissa.

      Hapus
  2. Aku merasa heran kadang tanpa seijin dan konfirmasi kita lebih dahulu, akun facebook kita dimasukkan ke group.
    Tau-tau akun facebook bisa gabung di banyak group, yang ada jadi sibuk meyetting keluar dari group satu persatu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah bang terkadang tanpa kita sadari tiba2 akun Facebook kita ikut di grup yang tidak kita kehendaki. Namanya saja sosial media,, hehe.

      Mungkin utk menyetingnya di bagian setting 'linimasa, ubah pengaturan ke 'pratinjau dulu.

      Kemudian bisa juga di bagian tag, privasi, 'siapa yang dapat mengikuti anda, siapa yang dapat mengajak pertemanan anda dan sebagainya. Jangan disetting publik, cukup setting teman atau teman dari teman atau bisa juga cukup setting ke pribadi saja.

      Kalau saya boleh menyimpulkan pengalaman bang himawant tentang akun Facebook yang tiba2 diundang kegrup. Berarti bang himawant cukup banyak mempunyai fans..hehe..

      Hapus

Silahkan meninggalkan pertanyaan, kritik, dan saran.