Peristiwa Lahirnya Sumpah Pemuda [Sejarah Indonesia] - Blog Pak Yogi

Peristiwa Lahirnya Sumpah Pemuda [Sejarah Indonesia]

Peristiwa Lahirnya Sumpah Pemuda [Sejarah Indonesia]. Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa sejarah penting bagi kemerdekaan Indonesia, sumpah atau ikrar dari beberapa pemuda indonesia inilah yang menjadi salah satu penyemangat bangsa demi mencapai kemerdekaan republik indonesia.

Perpecahan antar organisasi-organisasi pemuda yang semakin tidak bisa dihindari dan para pemuda telah sepakat untuk bersatu melawan penjajah, sehingga kesepakatan inilah yang membentuk kongres pemuda sebanyak dua kali yaitu :
  1. Kongres Pemuda I pada tanggal 30 April - 2 Mei 1926
  2. Kongres Pemuda II pada tanggal 27 - 28 Oktober 1928

http://www.munawirsuprayogi.com/2018/07/peristiwa-lahirnya-sumpah-pemuda.html

Kongres Pemuda I

Pada tahun 1926 tersebut merupakan awal dari lahirnya sumpah pemuda 1928 yang bermula dari tokoh PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia) serta para tokoh terkemuka yang menggagas ide mengenai masalah untuk mempersatukan pemuda yang ada di indonesia.

Kongres Pemuda I ini sebenarnya sudah berlangsung selama satu tahun sejak tahun 1926 hingga kesepakatan akhir diperoleh pada tanggal 20 februari 1927. Kongres ini dihadiri oleh perwakilan-perwakilan dari Jong Java, Jong Sumatra Bond, Sekar Rukun Jong Batak, Jong Ambon, Jong Islamieten Bond, dan para Pemuda Theosofie.

Setelah kongres pertama ini selesai masih banyak pertemuan -pertemuan yang membahas mengenai wadah tunggal organisasi pemuda seluruh indonesia ini. Keputusan penting hasil dari kongres Pemuda I adalah sebagai berikut :
  • Semua perkumpulan pemuda harus bersatu dalam organisasi yang bernama Pemuda Indonesia
  • Perlu segera diadakannya kongres pemuda II

Dan pada akhirnya setelah mencapai kesepatakan bersama, kongres pemuda II diadakan di jakarta yaitu pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 untuk menindak lanjuti permasalahan wadah organisasi yang tepat seperti hasil kongres I.

Kongres Pemuda II

Seperti yang sudah disebutkan kongres ini berlangsung tahun 1928 sekaligus sebagai tahun yang kita kenal sekarang sebagai kelahiran sumpah pemuda. Ada tiga rapat yang dihadiri oleh para pemuda di Kongres Pemuda Kedua ini. Rapat pertama bertempat di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang bernama Lapangan Banteng) pada hari Sabtu, 27 Oktober 1928. Rapat dibuka oleh Ketua PPPI, Soegondo Djojopoespito.

Dari Soegondo mengatakan bahwa dalam kongres diharapkan dapat memperkuat jalinan persatuan antatara sesama pemuda indonesia, Soegondo juga menyebutkan bahwa persatuan indonesia akan menjadi kuat jika terdapat 5 faktor, yaitu : Sejarah, Bahasa, Hukum adat, Pendidikan, dan kemauan yang kuat.

Dan rhari yang kedua pada tanggal 28 Oktober 1928 lebih mengenai aspek tertentu seperti pentingnya persatuan persaudaraan indonesia dari aspek - aspek yang ada, penjelasan detail tentang bagaimana pendidikan harus dijunjung tinggi dan demokrasi harus sama rata menjadi gerakan yang terkenal sampai saat ini.

Isi Sumpah Pemuda

Setelah kongres selesai yang unik dari istilah sumpah pemuda tidak muncul berdasarkan hasil kongres tapi malah muncul setelah kongres itu selesai. Ini dia bunyi dari Sumpah Pemuda yang tercatat di prasasti dinding Museum Sumpah Pemuda:

    Pertama : Kami Poetra dan Poetri Indonesia, Mengakoe Bertoempah darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Indonesia).

    Kedua : Kami Poetra dan Poetri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putran dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa yang Satu, Bangsa Indonesia).

    Ketiga : Kami Poetra dan Poetri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putran dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia)


Demikian penjelasan sedikit tentang sejarah bagaimana terbentuknya sumpah pemuda tahun 1928, semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar