Sepak Bola : Teknik Dasar Permainan Lanjutan (bag.2) - Blog Pak Yogi

Sepak Bola : Teknik Dasar Permainan Lanjutan (bag.2)

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barokatuh

Kali ini penulis ingin membahas tentang teknik dasar sepak bola lanjutan atau lebih tepatnya cara bermain sepak bola profesional. Baca Juga Sepak Bola ; Teknik Dasar Permainan (Bagian 1). Pada dasarnya tujuan olahraga dibagi menjadi tiga kelompok diantaranya yaitu yang pertama olahraga sebagai edukasi, yang kedua olahraga sebagai rekreasi, dan yang ketiga yaitu olahraga sebagai prestaasi.

http://www.munawirsuprayogi.com/2018/07/teknik-dasar-permainan-sepak-bola-lanjutan.html
Olahraga yang bertujuan sebagai edukasi adalah olahraga yang tujuan utamanya/menitik beratkan masalah pendidikan kepada pelakunya (obyek/sasaran/siswa/peserta didik). Misalnya ; kegiatan pembelajaran di sekolahan yang memang harus bertujuan membimbing peserta didik untuk menemukan karakternya (jati diri). [Baca Juga ; Metode Pembelajaran Kurikulum 2013]

Olahraga sebagai rekreasi adalah olahraga yang tujuan utamanya hanya sekedar mencari hiburan atau mengisi waktu luang. Contohnya ; bermain sepak bola di sore hari setelah menjalani rutinitas pekerjaan bersama teman-teman. Dan jumlah pemainnya pun tidak ditentukan seperti pertaruran yang sebenarnya.

Selanjutnya olahraga sebagai prestasi. Biasanya tedapat dalam SSB (Sekolah Sepak Bola) atau Akademi sepak bola. Dalam olahraga ini sasaran/obyeknya bisa dikatakan sebagai Atlet. Sedangkan tujuan utamanya jelas yaitu untuk meraih kemenangan hingga mendapatkan gelar juara.
Karena di dalam olahraga khususnya sepak bola yang bisa disebut juga sepak bola modern bahwasannya sepak bola modern bukan hanya sekedar mencari kemenangan, tapi juga nilai komersil (ekonomi). Maka, di dalam sepak bola harus menyertakan nilai seni/keindahan dalam bermain supaya menarik untuk dipertontonkan.
Lalu apa saja teknik-teknik dalam bermain sepak bola lanjutan ini?. Berikut pemaparannya ;

1. Menggiring bola (Dribbling)

Pada dasarnya menggiring bola untuk masalah teknik lanjutan ini sama dengan teknik dasar pada pembahasan sebelumnya (teknik dasar bagian 1). Namun, yang namanya menggiring adalah suatu usaha dari pemain sepak bola dalam nembawa bola melewati lawan dan tujuannya untuk mencetak gol. Sehingga, menggiring bola dapat di kategorikan diantaranya Close dribbling, Speed dribbling, mencungkil (Chip ball), Pedalada, dan Zig-zag. 

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang beberapa kategori menggiring di atas, alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang teknik menggiring bola dengan kaki bagian dalam depan (muka kaki), menggiring bola dengan telapak kaki, menggiring bola dengan tumit, dan menggiring bola denga kaki bagian luar. Oke berikut penjelasan teknik-tekniknya ;

a. Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam depan (muka kaki)

Untuk sikap kaki yang akan digunakan untuk menggiring bola berada di depan dan ketika melakukan dorongan terhadap bola sikap telapak kaki sedikit ditekuk ke bawah. Sikap badan tegap dan relaks. Sikap tangan di samping untuk keseimbangan. Gerak kaki depan mendorong bola diikuti kaki belakang dan diusahakan bola tidak terlalu jauh dari tubuh kita.

b. Menggiring bola dengan telapak kaki

Sikap kaki yang hendak menggiring bola masih di depan dan ketika mau mendorong bola sikap kaki sedikit didorong ke atas. Untuk sikap badan tetap relaks. Lutut kaki depan ditekuk dan kaki belakang sebagai tumpuan berat badan. Untuk gerakannya, kaki depan mendorong bola diikuti kaki belakang dan bola tidak terlalu jauh dari badan.

c. Menggiring bola dengan tumit

Teknik ini lebih dikenal dengan teknik pelangi (Chip ball). Adapun cara melakukannya yaitu letakkan bola diantara kedua kaki kita. Dorong bola dengan salah satu kaki yang lebih dominan (jika dirasa kanan maka gunakan kanan). Ketika bola mengenai tumit kaki yang depan lalu doronglah bola. Kemudian yang harus diingat dalam melakukan teknik ini pada saat bola setinggi betis maka harus dilakukan secara cepat.

Close dribbling yaitu teknik menggiring bola dengan cara mengontrol penuh (dekat dengan kita).

Speed dribbling yaitu teknik menggiring bola yang dilakukan dengan menendang bola jauh kedepan serta dikondisikan dengan lari sekencang-kencangnya (speed). 

Zig zag ; untuk teknik ini posisi bola berada di samping (baik di samping kanan atau kiri) dan lebih mendominasi menggiring bola dengan kaki bagian luar. Adapun cara melakukannya posisi badan tegap dan relaks dengan kedua lutut agak ditekuk. Posisi tangan tetap di samping sebagai keseimbangan. Awali mendorong bola dengan kaki bagian luar agak depan dan usahakan bola mengarah diagonal ke depan. Ketika bola sudah di depan maka posisi badan kita selanjutnya berada di bagian sisi yang lain (jika mengawali dengan kaki kanan, posisi badan selanjutnya berada di samping kanan bola). Selanjutnya ulangi gerakan tersebut dengan mendorong bola dengan kaki kiri bagian luar agak depan untuk mendorong bola. Lakukan berulang-ulang seperti awal memulainya.

Pedalada [Baca Juga] : Kamus Sepak Bola

2. Mengontrol/menahan/menghentikan (Stopping)

a. Menghentikan bola dengan kepala

Cara melakukan teknik ini yaitu sebagai berikut ; untuk sikap kaki terbuka dan lutut ditekuk. Pandangan tentu kearah bola. Sikap badan tegap dan relaks. Jangan lupa tangan disamping untuk menjaga keseimbangan. Otot leher dikengkangkan dan gerakan saat bola mengenai dahi, dagu ditarik ke belakang serta jangan lupa untuk gerakan lanjutannya yaitu menggerakkan seluruh tubuh mengikuti jannya bola.
Hanya dahi yang dianjurkan sebagai penerima bola dan tidak bagian kepala yang lain. Dikhawatirkan jika menggunakan bagian kepala yang lain maka memungkinkan rusaknya bagian syaraf karena terkena bola.

b. Menghentikan bola dengan perut

Ketika bola mengenai perut maka kita diharuskan untuk menahan nafas (sejenak). Untuk gerakannya masih sama yaitu perut ditarik ke belakang. Tangan di samping badan untuk keseimbangan. Lutut agak ditekuk dan kaki sebagai tumpuan dan pandangan ke bola.
Jika ditinjau dari arah datangnya bola, dalam situasi menghentikan bola menggunakan perut biasanya ada bola yang langsung mengenai perut adapula bola yang mengenai tanah terlebih dahulu (bola pantul). Maka, kita harus pintar memperkirakan terlebih dahulu jarak badan untuk memungkinkan menahan bola menggunakan perut.

c. Menghentikan bola dengan dada

Tangan masih sebagai keseimbangan dan pandangan kearah bola. Sikap badan sedikit tegap dan kedua kaki sedikit dibuka dengan lutut agak ditekuk. Gerakannya saat bola mengenai dada yaitu dengan menarik badan kebelakang serta mengikuti jalannya bola (usahakan bola tidak memantul).

d. Menghentikan bola menggunakan paha

Salah satu kaki yang akan digunakan menahan bola bergantung di depan. Lutut kaki yang satunya (yang belakang) sebagai penumpu berat badan. Lutut sedikit ditekuk serta tumit diangkat. Pandangan masih kearah bola dan sikap tangan relaks sebagai keseimbangan. Gerakan paha ketika mengenai bola ditarik kebelakang dengan gerakan lanjutan badan digerakkan ke depan.
Macam-macam datangnya bola ; bola kencang, bola ringan, bola lambung, bola mendatar, bola menyusur tanah. Selanjutnya tergantung penyesuaian/kebutuhan dalam menehan bola (apakah menggunakan kaki, paha, perut, dada, dan kepala).

3. Menendang

a. Menendang bola menggunakan tumit (Back Hill)

Usahakan posisi bola tepat di bawah kita. Ayunkan kaki ke depan lalu mulai menyepaknya kearah belakang. Tangan sebagai keseimbangan. Gerakan badan agak condong ke belakang, ketika bola sudah lepas dari tumit tarik badan kita ke depan.

b. Tendangan voli

Tendangan ini dilakukan ketika bola belum menyentuh tanah. Kita harus pas dalam mengambil timing dan momentumnya. Dalam menendang bola voli biasanya menggunakan punggung kaki jika untuk tendangan kearah gawang lawan (shooting). Dan menggunakan kaki bagian dalam untuk kearah kawan (passing).

c. Teknik tendangan bola dengan cara salto (Bickle Kick)

Untuk tendangan bola salto lebih tepatnya tendangan ini digunakan kearah gawang lawan. Biasanya teknik ini digunakan dalam permainan yang penjaga gawang lawan cukup tangguh, sehingga memaksa kita untuk melakukan shooting secara tiba-tiba (tidak disangka-sangka oleh kipper).

Adapun cara melakukannya yaitu dengan cara membelakanigi gawang lawan dengan posisi badan tegap dan relaks. Pandangan kearah datangnya bola. Ketika bola akan datang kearah kita mulailah mengambil posisi persiapan (ancang-ancang) untuk menurunkan tubuh kita deng menekuk kedua lutut. Tangan disamping sebagai keseimbangan. Tarik kaki yang berlawanan dengan datangnya bola keatas/menuju bola. Bahu ditarik ke belakang dengan sisi bahu yang lebih direndahkan. Sedangkan untuk pendaratannya bisa menggunakan bagian atas paha sebagai tumpuannya.

d. Tendangan melengkung (Banana Shooting)

Tekniknya sama dengan teknik menendang bola menggunakan ujung kaki. Namun dalam tendangan melengkung sedikit ada tambahan spin (usaha untuk memutar bola).

4. Teknik dasar merebut bola dari lawan (Intercepting)

Merebut bola dari samping, Merebut bola dari depan, merebut bola dengan cara melompat (Jump at an opponent). Untuk teknik ini kita harus pandai membaca gerakan lawan, jika posisi bola digiringnya maka kita bisa menggunakan gerak tipu untuk merebut bola yang dibawa olehnya. jika posisi kita dekat dengan lawan gunakan kombinasi membody lawan untuk merebut bola.

5. Teknik dasar menyapu bola (Sliding Tackle)

Dalam melakukan sliding harus tepat taimingnya dan momentumnya, karena jika timing dan momentumnya tidak pas maka akan rawan mendapat kartu pelanggaran dari wasit.

Adapun cara melakukannya yaitu dengan berlari secepatnya. Jika lawan sudah berada dalam jarak kurang lebih satu meter maka jatuhkanlah badan kita dengan tumpuan sebelah atas paha diposisikan lebih rendah (antara atas paha kanan dan atas paha kiri). Memang teknik ini disertai dengan gerakan berseluncur kearah lawan. Gunakan kaki sebagai penendang/menyapu bola. Jangan gunakan telapak tangan sebagai tumpuan utama badan, cukup paha anda atau siku anda yang digunakan sebagai tumpuan.
Hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam melakukan teknik sliding tackle diantaranya sliding tackle dari belakang, teckle dengan teknik menggunting, dan mengangkat kaki ke atas.
Oke cukup sekian pembahasan kali ini tentang Sepak Bola ; Teknik Dasar Permainan (Bagian 2). Apabila ada salah kata dan ucapan mohon dimaafkan. Terimaksih atas kunjungannya.

Billahi taufik wal hidayah wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barokatuh.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar