Cara Menulis Ijazah Yang Benar : Cepat, Indah, Rapi, dan Tulisannya Sesuai Juknis 2017/2018 - Blog Pak Yogi

Cara Menulis Ijazah Yang Benar : Cepat, Indah, Rapi, dan Tulisannya Sesuai Juknis 2017/2018

Kali ini penulis ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menulis ijazah dengan benar, bagaimana cara menulis ijazah supaya hasilnya rapi, bagaimana cara menulis ijazah dengan cepat, dan bagaimana cara menulis ijazah supaya minim resiko kesalahan. Mungkin tips ini terasa biasa-biasa saja bagi yang sudah berpengalaman dalam penulisan ijazah, namun penulis ingin membagikan tips dan trik bagi anda yang masih pertama kali dalam menulis ijazah.
https://www.munawirsuprayogi.com/2018/08/cara-menulis-ijazah-yang-benar.html
Bukan maksud penulis membesar-besarkan sebuah resiko jika ada kesalahan dalam penulisan ijazah. Tapi sebuah kenyataan jika ada suatu kesalahan dalam penulisan ijazah, kita harus melibatkan pihak Dinas Pendidikan dan Kepolisian ditambah lagi harus memenuhi laporan berita acara segala macam dan bagi penulis itu suatu yang sangat ribet dan membuang-buang waktu saja.
https://www.munawirsuprayogi.com/2018/08/cara-menulis-ijazah-yang-benar.html
Petunjuk alur jika ada kesalahan dalam penulisan ijazah

Cara Menulis Ijazah 2017/2018

Sebelum penulis memaparkan Cara Menulis Ijazah Dengan Cepat Tapi Benar serta Tulisannya Rapi dan Sesuai Petunjuk Teknis 2017-2018 alangkah baiknya anda menyimak terlebih dahulu beberapa kiat-kiat dari penulis berikut;

Alat-alat yang perlu disediakan dalam penulisan ijazah

1] Pulpen
Menulis ijazah harus menggunakan pulpen tinta warna hitam pekat dan tidak mudah luntur atau pudar. Karena ijazah adalah identitas bagi seorang pelajar bahwa pelajar tersebut sudah lulus dalam suatu pendidikan tertentu dan digunakan untuk selamanya.

2] Penggaris
Dalam penulisan ijazah harus rapi baik sisi atas, bawah, dan kiri dengan tujuan agar tulisannya rapi. Disamping itu pembacanya juga akan merasa nyaman ketika membaca identitas siswa dalam ijazah tersebut. Untuk itu penulis menyarankan agar memberi garis terlebih dahulu sebelum kita menulis menggunakan pensil baik sisi kiri, atas, dan bawah. Dan satu lagi garisnya jangan tebal-tebal tapi tipis-tipis saja.

3] Pensil
Sebelum kita menulis ijazah menggunakan pulpen, penulis sarankan menggunakan pensil terlebih dahulu untuk meminimalisir kesalahan. Adapun pensil yang digunakan adalah pensil 2B (standar UN) karena pensil ini tidak mudah patah dan hasilnya pun tidak kotor. Ketika menulis ijazah menggunakan pensil penulis sarankan jangan terlalu tebal tapi cukup tipis-tipis saja.

4] Penghapus
Fungsi penghapus dalam penulisan ijazah adalah untuk menghapus kesalahan jika ada beberapa tulisan yang masih berupa pensil. Selain itu juga gunanya penghapus adalah untuk menghapus tulisan pensil ketika sudah ditindih dengan pulpen. Adapun penghapus yang harus digunakan adalah penghapus berstandar UN (Ujian Nasional) karena penghapus ini menghasilkan bidang yang dihapus bersih dan tidak menimbulkan kerusakan.

5] Kertas hps kosong
Adapun fungsi kertas hps kosong adalah untuk menghindari tulisan yang sudah berupa pulpen supaya tidak mbelobor mengenai ijazah yang lain (tintanya lengket/membekas ke ijazah yang lainnya). Jadi setiap helai ijazah harus diberi pemisah berupa kertas hps kosong. Kenapa harus kertas hps kosong ? sesuai pengalaman penulis sebelumnya, pernah penulis menggunakan kertas hps bekas (kertas hps yang sudah ada tulisannya) untuk pemisahnya dan ketika penulis ambil itu ijazah untuk diserahkan kepada Kepala Sekolah, tulisan yang ada di kertas hps tadi menempel ke ijazah semua.
Salah satu penunjang lainnya adalah lampu yang terang : Menulis ijazah harus menggunakan lampu yang terang, supaya anda nyaman dan tidak begitu membuang-buang tenaga. Mungkin anda bisa membayangkan sendiri jika menulis ijazah dalam keadaan penerangan lampu yang redup. Penulis menyarankan menggunakan lampu Philips 42w lalu gantung di dekat meja anda.

Berkas-berkas yang harus disiapkan sebelum menulis ijazah

1) Akte Kelahiran
Khusus anda yang menulis ijazah SD atau yang sederajat sangat memerlukan akte kelahiran karena ijazah SD adalah titik acuan pertama bagi ijazah jenjang selanjutnya (ijazah SMP atau sederajat). Kenapa harus akte kelahiran dan tidak menggunakan ijazah TK ?, hello.. tidak semua siswa baru yang masuk ke tingkat SD lulusan TK, jadi lebih baik tanyakan langsung saja akte kelahiran kepada Kepala Sekolah atau ke bagian Tata Usaha sebelum anda menulis identitas di ijazah.

2) Daftar Nilai
Sebelum memulai menulis ijazah anda harus mempersiapkan daftar nilai masing-masing siswa dan sudah harus siap untuk dipakai bahan acuan dalam penulisan ijazah. Alangkah baiknya lagi jika anda memintanya kepada Wali Kelasnya (jika SD wali kelas 6, SMP wali kelas 9, dan SMA wali kelas 12) yang tentunya sudah ditandatangani atau disyahkan oleh Kepala Sekolah dan pihak terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan. Jika pada jenjang SMP nilai-nilai yang harus dipersiapkan adalah nilai rata-rata raport (SMP 6 semester), nilai ujian sekolah, dan rata-rata dari semua rata-rata raport serta rata-rata nilai ujian sekolah.
Jika anda kurang nyaman akan daftar nilai yang diberikan Wali Kelas, anda bisa membuatnya lagi sesuai tabel yang anda sukai. Hal ini untuk menambah mood dan keefesienan ketika dalam proses penulisan ijazah.

3) Daftar Identitas Sekolah dan Kepala Sekolah
Untuk identitas sekolah biasanya mengenai NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) karena sudah ditentukan oleh juknis dan tertera di kolom ijazah. Adapun identitas Kepala Sekolah juga demikian sudah ada di daftar nilai yaitu mengenai nama, gelar, dan NIP.

4) Petunjuk Teknis yang Sudah Ditetapkan
Untuk petunjuk teknis dalam penulisan ijazah yaitu sudah ditetapkan oleh Kemendikbud dan anda harus membacanya terlebih dahulu sebelum menulis ijazah. Semua tata cara, aturan penulisan dan sebagainya sudah tertera lengkap didalam juknis. Untuk itu pahami dengan seksama tata cara dan aturan yang ada di dalam juknis dan jika ada yang kurang paham, anda jangan sungkan-sungkan menanyakannya kepada Kepala Sekolah atau teman-teman yang lainnya.
  • DOWNLOAD Petunjuk Teknis Pengisian Blangko Ijazah Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Apa saja yang harus dipersiapkan dalam diri kita sebelum menulis ijazah

1} Ketenangan dan Kenyamanan
Pada saat menulis ijazah dibutuhkan ketenangan dan kenyamanan. Ketenangan dan kenyamanan untuk mendukung hasil tulisan yang bagus dan meminimalisir kesalahan. Anda akan sulit sekali jika anda menulis ijazah ditempat yang bising, misalnya ketika anda menulis tiba-tiba terdengar bunyi klakson kereta api, suara gemuruh kendaraan atau mendengar tetangga yang lagi latihan karaoke. Namun, perlu digaris bawahi jika anda mendapatkan ketenangan dan kenyamanan pada saat-saat seperti itu berarti anda orang yang super…

2} Konsentrasi
Berkonsentrasilah dalam penulisan ijazah dan jangan melamun kesana kemari atau sambil mendengarkan musik. Sesuatu yang ditakutkan jika anda menulis ijazah sambil mendengarkan musik adalah anda akan terbawa suasana musik itu sendiri, bukannya nama siswa yang ditulis malah lirik-lirik lagu galau yang anda tulis. Hehe… :)

Semakin anda berkonsentrasi dalam menulis ijazah maka hasilnya pun akan semakin bagus dan sesuai yang kita harapkan. Percayalah setiap titik goresan yang anda tulis adalah sebuah karya yang indah dan nantinya untuk diperlihatkan kepada siswa. Berikan goresan yang terbaik anda untuk hal yang bisa kita banggakan nantinya. Dalam kata lain, jangan sia-siakan kesempatan yang diberikan Kepala Sekolah kepada anda.

3} Pemanasan
Yang saya maksud pemanasan disini adalah sebelum kita menulis di ijazah alangkah baiknya terlebih dahulu kita mencoba menulis identitas siswa di kertas kosong,, Oh.. mungkin di foto copy ijazah juga lebih bagus. Jadi intinya sebelum anda menuliskan identitas siswa di ijazah anda harus latihan terlebih dahulu.

4} Teliti
Ketelitian dalam menulis ijazah sangat diperlukan, sekali lagi karena ijazah adalah identitas yang syah dari Negara untuk siswa anda dan digunakan untuk selamanya. Alangkah baiknya anda teliti terlebih dahulu identitas yang ditulis antara daftar nilai dengan dokumen aslinya (akte kelahiran atau ijazah jenjang sebelumnya) apakah sudah sesuai atau belum.

5} Kepercayaan Diri
Dalam menulis ijazah harus ada rasa kepercayaan diri dalam diri seseorang. Bagaimana mungkin jika orang lain percaya bahwa anda bisa menulisnya sedangkan anda sendiri tidak mempunyai kepercayaan diri. Jangan patahkan kepercayaan orang lain kepada anda dalam hal ini teman seprofesi anda atau Kepala sekolah anda. Mereka menyuruh kepada anda berarti mereka percaya anda bisa melakukannya dan berikan hasil yang terbaik melalui goresan tinta di ijazah itu.

6} Jaga kondisi tubuh
Penting bagi seseorang ketika menulis ijazah untuk pintar-pntar menjaga kondisi tubuh tetap fit dan bugar. Coba anda bayangkan ketika anda diserang flu dan ketika itu anda sedang menulis..”hachimmm” dan tangan anda sedang memegang pulpen maka kertas ijazah pun akan tergores. Untuk itu jaga baik-baik kesehatan tubuh anda dan jangan terlalu malam dalam mengerjakan penulisan ijazah.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan ijazah

1- Menulis di tempat yang bersih
Jangan sampai ijazah kena kotoran karena kecerobohan kita, maka sangat dianjurkan bersihkan terlebih dahulu ruang kerja kita dan jika perlu lap mengguanakan deterjen meja kerja kita sebelum memulai menulis ijazah.

2- Menulis di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak
Yang namanya anak-anak tidak bisa disalahkan. Ya, namanya juga anak-anak mereka belum cukup paham akan apa yang kita taruh di atas meja kerja kita, seberapa penting berkas yang kita taruh di meja kerja kita. Untuk itu taruhlah ijazah ditempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak dan jika perlu taruh di dalam lemari lalu kunci lemari itu.

3- Jangan menggunakan peralatan tulis sembarangan
Seperti yang saya jelaskan diparagraf sebelumnya, karena ijazah adalah dokumen yang sangat penting bagi siswa dan untuk digunakan selamanya. Maka, gunakan alat tulis seperti pulpen, pensil, penghapus dan yang lainnya dengan kualitas terbaik.

4- Berhentilah menulis jika sudah merasa kelelahan
Jangan dipaksakan jika sudah kelelahan dalam menulis ijazah. Lebih baik anda berhenti dan meneruskannya di keesokan harinya sambil menunggu kondisi tubuh anda fit kembali. Jangan dipaksakan, pelan-pelan yang penting hasilnya memuaskan.

Jika ke-4 kiat-kiat diatas sudah terlaksana maka secara tidak langsung berarti anda sudah memenuhi separuh dari persyaratan juknis pengisian ijazah 2017-2018. Lalu bagaimana cara menulis ijazah dengan cepat ?. berikut penjelasannya ;

Cara Menulis Ijazah Dengan Cepat

Cari kolom isian yang sama

Kolom isian yang sama di dalam ijazah biasanya mengenai Nama Sekolah, NPSN, Nama Tempat Sekolah seperti Kota/Kabupaten dan Provinsi, Sekolah penyelenggara ujian sekolah dan nasional, tanggal kelulusan, Nama kepala sekolah, NIP, dan yang terakhir Mapel Muatan Lokal. Ya, kolom-kolom tersebut tulis dan selesaikan terlebih dahulu.

Setelah kita sudah menemukan kolom isian yang sama, maka cari kolom isian identitas yang sama dan dahulukan menulis identitas yang sama tersebut. misalnya menyelesaikan menulis Nama Sekolah terlebih dahulu untuk semua ijazah, lalu dilanjutkan menulis di semua ijazah Nama Tempat Sekolah dan seterusnya.

Jangan menyelesaikan menulis ijazah sekaligus

Yang saya maksud disini adalah anda menulis di lembar sisi depan dulu lalu melanjutkan menulis di sisi belakang menunggu tinta yang di sisi depan sudah kering (tidak menyelesaikan menulis ijazah sekaligus). Jika anda menyelesaikan sekaligus biasanya tinta yang sudah tertindih akan belepotan dan itu akan menambah waktu lagi untuk membersihkannya. Ya kalau bisa hilang tintanya kalau tidak hilang jadi runyam kan urusannya…

Tempatkan data-data yang berbeda di tempat yang berbeda

Tempatkan data yang berbeda seperti akte kelahiran di sebelah kiri anda, ijazah sebelumnya di sebelah kanan anda, ijazah yang akan di tulis di depan anda, alat tulis lebih dekat dengan tangan anda dan seterusnya. Intinya jangan menumpuknya jadi satu, karena hal tersebut akan sangat merepotkan jika kita harus mengambil salah satu berkas yang akan kita lihat.

Menggunakan alat tulis masing-masing dua

Kenapa harus menggunakan alat tulis masing-masing dua ?. ya, tujuannya adalah untuk cadangan ketika alat tulis yang satunya rusak atau macet kita bisa menggunakan alat tulis yang satunya lagi.

Mungkin itu dulu trik dan tips dari saya mengenai “Cara Menulis Ijazah Yang Benar : Cepat, Indah, Rapi dan Tulisannya Sesuai Juknis 2017/2018”. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dalam menulis ijazah seseorang tidak harus memerlukan keahlian khusus dalam dunia tulis menulis. Seindah dan serapi apapun anda dalam menulis dikertas biasa, namun anda akan gugup dan gemetaran jika baru pertama kali menulis ijazah. Ya, mungkin karena adanya resiko tadi.. hehe..
Contoh penulisan ijazah yang salah diantaranya menggunakan tulisan bersambung, miring, dan kurang jelas. Biasanya orang sering mengabaikan kejelasan dari tulisan itu sendiri demi mendapatkan tulisan yang indah. Kesimpulannya model tulisan ijazah harus tegak dan jelas. 
Pesan : “Utamakan Selamat”..
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar