Fakta Menarik Kota Singaraja - Bali - Blog Pak Yogi

Fakta Menarik Kota Singaraja - Bali

Berhubung Bang jun Orang Singaraja, maka akan sedikit Bang Jun ulas Fakta unik seputar Singaraja - Bali. Tak lengkap Rasanya jika tidak berbagi keunikan di tempat kelahiran sendiri, disamping itu Bang Jun hanya ingin berbagi pengetahuan khususnya kepada generasi "Zaman Now".

Cerita menarik ketika Bang Jun jalan-jalan di Pulau Jawa. Saat itu Bang Jun lagi Istirahat sejenak di daerah Gumitir perbatasan Banyuwangi dan Jember. Ya, sekedar mehilangkan rasa lelah bersepeda, Bang Jun pesan kopi di salah satu warung di tempat tersebut. Tiba-tiba si Ibu penjual kopi bertanya kepada Bang Jun "Dari mana mas ?". "Dari Singaraja - Bali" jawab Bang Jun. Lalu si Ibu penjual kopi itu meneruskan pertanyaannya yang menurut Bang Jun aneh dan tidak masuk akal, "Singaraja mananya Singapura mas?". Tanpa bertele-tele Bang Jun langsung menjawabnya "Singaraja adalah Ibu Kota Singapura Ibu". Tersentak teman Bang Jun yang berada di luar warung berteriak "Wow !! Ternyata Kota Singaraja pernah menjadi Ibu Kota Singapura ???". Dan si Ibu penjual kopi pun menepuk pundak Bang Jun sambil ngomong "Bisa aja" dengan logat Jawanya.

Oke kita kembali ke topik pembahasan Fakta Menarik Kota Singaraja - Bali. Singaraja merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Bali. Singaraja juga merupakan ibu kota dari Kabupaten Buleleng yaitu kabupaten paling utara Provinsi Bali.

Mungkin anak generasi "Zaman Now" belum tahu fakta-fakta terkait dengan Singaraja. Berikut adalah fakta menarik mengenai Kota Singaraja.


1. PERNAH MENJADI IBU KOTA SUNDA KECIL JUGA BALI : Mungkin generasi Zaman Now hanya mengetahui bahwa Singaraja hanyalah ibukota Kabupaten Buleleng saja. Jika, begitu maka generasi Zaman Now perlu belajar lebih banyak lagi. Hehe bukan maksud Bang Jun ingin menggurui, Pasalnya fakta menunjukkan Singaraja, pernah menjadi ibukota dalam wilayah yang lebih luas yaitu Provinsi Sunda Kecil dan Bali dari setelah kemerdekaan sampai tahun 1958.

2. TEMPAT KELAHIRAN IBUNDA PRESIDEN PERTAMA Ir. SOEKARNO : Mungkin dari generasi Zaman Now mengetahui tentang Proklamator sekaligus Presiden Pertama kita Ir Soekarno. Tidak lengkap rasanya jika kita mengetahui orang besar Indonesia ini tanpa mengetahui keluarganya. Lalu siapa yang melahirkan sang proklamator ini? Beliau adalah orang Bali dengan nama Ida Ayu Nyoman Rai Srimben. Sebelum menikah dengan Raden Sukemi, Ibunda Soekarno yang lahir pada tahun 1881 menghabiskan masa kecilnya di Bale Agung , Singaraja.


generasi "Zaman Now" belum tahu fakta-fakta terkait dengan Singaraja. Berikut adalah fakta menarik mengenai Kota Singaraja.

3. KOTA TERBESAR KE DUA DI BALI : Singaraja merupakan kota terbesar ke Dua setelah Denpasar. Hal ini karena kemajuan berbagai sektor di Singaraja hampir dapat menyaingi Denpasar. Toko, dan objek wisata yang beragam serta inovasi yang dibuat di kota ini membuat Singaraja dalam beberapa tahun kedepan akan menyaingi Denpasar.

4. MENYANDANG SEBAGAI KOTA PENDIDIKAN : Singaraja juga merupakan kota pendidikan. Hal ini tidak terlepas pada pendidikanya yang berkembang pesat. Selain itu, di Singaraja terdapat salah satu Universitas terbesar di Bali yaitu Universitas Pendidikan Ganesha dan banyak kampus elit lainya. Begitu juga sekolah yang tidak kalah elit, salah satu sekolah yaitu SMAN 1 Singaraja merupakan sekolah tertua di Bali.

5. TEMPAT WISATA YANG SANGAT BERAGAM : Salah satu alasan mengapa Singaraja menjadi kota terbesar ke Dua di Bali karena tempat wisata yang begitu beragam. Mulai dari Pantai Lovina, Pantai Penimbangan, Eks Pelabuhan Buleleng, Krisna Bali, Monumen Tri Yudha Sakti, hingga taman kota dan masih banyak lagi tempat wisata yang dikunjungi jika berlibur ke Singaraja.

Nah Demikian Fakta Unik Seputar Singaraja Bali yang dapat Bang Jun ulas Supaya dapat menambah pengetahuan generasi Zaman Now.

Mungkin masih banyak lagi Tentang Fakta Unik Seputaran Singaraja Bali. Namun Bang Jun cuma mengulas 5 saja. Jika Masih penasaran  dengan fakta lainnya, kunjungi secara langsung tempat kami  tercinta.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Waah seperti apa penampilan tata kota dan kemajuan kota Singaraja, ya ...
    Udah lama banget aku pernah kesana.

    BalasHapus
  2. Tambah maju mas alhamdulillah. Semakin padat. Mari berkunjung lagi.. Hehehe

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan pertanyaan, kritik, dan saran.