Sejarah, Pengertian, dan Fakta tentang Asian Games - Blog Pak Yogi

Sejarah, Pengertian, dan Fakta tentang Asian Games

Sejarah, Pengertian, dan Fakta tentang Asian Games - Event olahraga yang rutin dilakukan oleh negara - negara Asia dilaksanakan kembali pada tahun 2018. Spesialnya acara kali ini diadakan di Indonesia tepatnya di Kota Jakarta dan juga Kota Palembang. Asian Games ini dimulai pada tanggal 18 Agustus 2018 selama 2 minggu penuh.

Indonesia sendiri menjadi tuan rumah pada perhelatan Asian Games sudah menjadi kedua kalinya, yaitu pertama di tahun 1962 dan tahun 2018 sekarang ini. Tidak heran jika pemerintah harus  menyediakan kebutuhan - kebutuhan Asian Games kali ini. Tapi kalian tahu tidak sih coretan sejarah tentang bagaimana Asian Games itu terbentuk? Yuk mari disimak bacaan Mamang kali ini tentang Sejarah, Pengertian, dan Fakta tentang Asian Games.

Sejarah dan Fakta Asian Games

Seperti yang sudah Mamang jelaskan diatas bahwa Asian Games adalah salah satu pesta olahraga terbesar se-Asia yang akan dipartisipasikan oleh beberapa Negara di benua Asia. Berikut adalah sedikit fakta - fakta dan sejarah dari Asian Games.

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/08/sejarah-pengertian-dan-fakta-tentang-asian-games.html

Kangen dengan Olahraga

Peran yang diikuti oleh banyak negara di Asia saat Far Eastern Championship Games dilaksanakan banyak yang sudah usai setelah tahun 40-an. Pas Summer Olympics di London tahun 1948 nih, banyak atlet China dan Filipina yang berkumpul. Ternyata mereka ngomongin soal keinginan mereka buat ngadain Far Eastern Championship Games lagi, Urbaners.  Apalagi di tahun-tahun tersebut sudah banyak negara di Asia yang independen. Sehingga partisipannya bakal lebih banyak.

Saat itu ada pihak dari India yang bernama Guru Dutt Sondhi, perwakilan dari Indian International Olympic Committee bilang kalau nggak masalah ada acara seperti ini lagi di Asia, tetapi dia nggak mau kalau hanya diurus oleh tiga negara lagi. Soalnya, kalau acaranya bertemakan Asia tentu anggota komitenya harus dari seluruh Asia.

Setelah itu, Guru Dutt Sondhi ini bikin proposal baru tentang acara olahraga yang bisa mewakili seluruh Asia yang kini dinamakan sebagai Asian Games. Ide dari Guru Dutt Sondhi ini akhirnya juga yang membentuk adanya Asian Athletic Federation dan nggak heran kalau akhirnya India jadi tuan rumah pertama bagi Asian Games di tahun 1978.

Sudah Ada di Bawah Nama yang Berbeda.

Sut punya usut nih, Urbaners. Sebelum ada Asian Games, tahun 1912 ternyata sudah ada acara olahraga antar negara di Asia yang dinamakan Far Eastern Championship Games. Negara yang jadi pengurus acara ini ada tiga, Jepang, Filipina dan China. Tiga negara inilah yang nentuin di mana acara Far Eastern Championship Games bakal digalakkan.

Acara pertamanya ada di Manila tahun 1913, hanya enam negara se-Asia yang ikut. Nggak heran karena di tahun segitu masih banyak negara di Asia yang berbenah diri di dalam negerinya masing-masing. Tahun 1934, jumlah negara yang ikut bertambah 10 menjadi 16 negara. Sayangnya acara ini berhenti di tahun 1938, soalnya Jepang mau banget Manchukou (kerajaan Manchu) yang lagi ada kontroversi sama China ikut di acara ini.

China yang nggak mau adanya Manchukou memutuskan mundur dari kepengurusan. Tanpa China, acara ini nggak mungkin bisa berlangsung sehingga Far Eastern Championship Games berhenti setelah tahun 1934.

Sejarah Informasi Atlet Indonesia Yang Pernah Memecahkan Rekor Dunia

Atlet Pecahkan Rekor Dunia.

Meski pemecahan rekor dunia masih didominasi oleh orang Eropa dan Amerika, ternyata orang Asia juga bisa melakukannya. Buktinya, lima atlet ini telah memecahkan rekor dunia di ajang Asian Games. Siapa aja ya, Urbaners?

Pertama adalah atlet sepeda dari Jepang, Seiichiro Nakagawa. Saat Asian Games 2014, cowok ini berhasil memecahkan rekor dunia di 200m time trial. Kedua adalah Mutaz Essa Barshim, cowok kulit hitam dari Qatar. Dirinya berhasil memecahkan rekor dunia di nomor lompat tinggi saat acara Asian Games 2014, di momen yang sama dengan Seiichiro Nakagawa. Ketiga datang dari atlet panahan Korea Selatan bernama Kim Woo Jin. Cowok berkaca mata ini berhasil mematahakan seluruh rekor dunia di bidang panahan dalam satu event, yakni Asian Games 2014. Iya, acara Asian Games 2014 memang kayaknya jadi ajang pemecahan rekor dunia dari orang-orang Asia. Nggak heran kalau nanti acara tahun 2018 ini ekspektasi orang-orang bakal lebih tinggi dari yang sebelumnya.

Selain ketiga pemecah rekor di tahun 2014, ada juga pemecah rekor di tahun-tahun sebelumnya. Mereka adalah Takeyuki Nakayama dari Jepang dan Sun Yang dari China. Nakayama berhasil memecahkan rekor dunia di tahun 1986, tepatnya di nomor maraton. Cowok ini berhasil lari selama dua jam delapan menit 21 detik (02:08:21) saja!

Sedangkan Sun Yang dari China memecahkan rekor dunia di cabang olahraga renang, tepatnya di nomor gaya bebas atau freestyle 1500m di Asian Games tahun 2010. Cowok ini dulunya sempat heboh banget waktu bisa matahin rekor dunia, lho!

Nah demikianlah sedikit cerita dari Mamang tentang bagaimana Asian Games ini berlangsung dari dahulu sampai sekarang, fakta yang kalian bisa temukan sendiri tentunya. Dan juga cukup sampai disini artikel mengenai Sejarah, Pengertian, dan Fakta tentang Asian Games
Pembukaan Asian Games tanggal 18 Agustus 2018 di Ibu Kota Jakarta.
Sekian dan Terimakasih.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar