Cara Menulis Ijazah dengan Menggunakan Model Tulisan Indah - Blog Pak Yogi

Cara Menulis Ijazah dengan Menggunakan Model Tulisan Indah

Setelah anda membaca artikel penulis yang berjudul “Cara Menulis Ijazah Yang Benar : Cepat, Indah, Rapi dan Tulisannya Sesuai Juknis 2017/2018” kini anda saya ajak untuk menyimak bagaimana cara menulis ijazah dengan menggunakan model tulisan indah.

Sebenarnya penulis kurang menyarankan untuk penulisan ijazah dengan menggunakan model tulisan indah atau font style. Karena model tulisan indah tersebut kebanyakan kurang jelas untuk dibaca, mungkin anda pernah menjumpai sendiri bagaimana model tulisan indah di ijazah dan pada akhirnya tulisan tersebut kurang jelas untuk dipahami atau malah tidak bisa dibaca. Tapi, selama model tulisan indah pada ijazah tersebut masih bisa dibaca maka syah-syah saja untuk diterapkannya. Oke berikut tipsnya;

Cara Menulis Ijazah Dengan Menggunakan Model Tulisan Indah

1. Tentukan model huruf indah yang sama

Untuk menentukan model huruf yang sama dalam penulisan ijazah menggunakan model tulisan indah, anda bisa melihatnya di model font huruf yang ada di buku atau buka di mbah gugel. Silahkan tentukan model tulisan indah yang sesuai dengan selera anda dan yang terpenting model tulisan indah tersebut sesuai dengan juknis penulisan ijazah.
Jangan menggunakan model huruf tulisan indah yang berbeda dalam satu ijazah.


2. Tulis ijazah dengan pensil terlebih dahulu

Untuk menulis ijazah dengan menggunakan model tulisan indah anda harus menulis identitas di ijazah dengan menggunakan pensil terlebih dahulu. Tujuannya adalah selain untuk mengetahui apakah tulisan itu sudah sesuai atau belum disamping itu juga memudahkan anda untuk menghapusnya jika ada tulisan yang belum sesuai atau salah. Selanjutnya jika sudah dirasa sudah benar maka silahkan anda menindih tulisannya menggunakan pulpen.



3. Menggunakan pulpen kaligrafi

Gambar diatas adalah contoh pulpen kaligrafi yang sesuai untuk penulisan ijazah dengan menggunakan model tulisan indah. Mungkin untuk anda yang sudah terbiasa menulis kaligrafi sudah paham bagaimana cara menulisnya yaitu selalu menggunakan sudut mata pulpen yang sama disetiap goresannya. Maksudnya ketika kita menulis dengan pulpen tersebut yaitu dengan cara selalu menggunakan kemiringan yang sama disetiap tulisannya.

4. Tentukan ukuran yang sama dimasing-masing kata

Untuk menulis ijazah dengan menggunakan model tulisan indah anda harus menerapkan pada masing-masing kata dengan ukuran yang sama. Diantaranya dengan cara menentukan besar dan kecilnya antara huruf besar dan huruf kecil. Untuk besar dan kecilnya antara huruf besar dan huruf kecil anda bisa memberi garis atas dan bawah dengan ukuran yang sama. Masih ingat pelajaran sewaktu kita di bangku SD, tentang menulis indah di buku halus ?. ya, seperti garis di buku halus itu juga pemberian garis di ijazah. Ups, tapi pemberian garisnya harus menggunakan pensil ya, jangan menggunakan pulpen. Hehe..



5. Beri jarak atau spasi yang sama

Menulis ijazah dengan menggunakan model tulisan indah anda harus memperhatikan jarak spasi yang sama disetiap kata. Dan selanjutnya anda diharuskan juga memberi ukuran yang sama pada identitas disemua ijazah. Maksudnya ukuran semua kalimat identitas seperti nama sekolah di ijazah yang satu harus sama semua dengan identitas nama sekolah di ijazah yang satunya. Dan begitu juga dengan identitas yang lain seperti NPSN, NISN, Nama Kabupaten dan yang lainnya.



6. Latihan terlebih dahulu

Yang terakhir dalam penulisan ijazah dengan menggunakan model tulisan indah anda jangan mengabaikan yang satu ini yaitu latihan terlebih dahulu. Untuk latihannya bisa anda tulis di kertas kosong atau fotocopy ijazah. Adapun tujuan dari latihan tesebut adalah disamping untuk melemaskan tangan anda, selain itu juga untuk mencari tahu tulisan yang mana yang sesuai untuk diterapkan di ijazah.

Oke itulah tips Cara Menulis Ijazah Dengan Menggunakan Model Tulisan Indah. Sekian dari saya semoga bermanfaat.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar