Cara Sederhana Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar - Blog Pak Yogi

Cara Sederhana Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar

Mencegah lebih baik dari pada mengobati - Slogan kesehatan tersebut sangat populer dikalangan masyarakat. Tapi diantara kita lupa akan masalah cara mendapatkan kesehatan itu sendiri. Mungkin kita sudah salah menerjemahkan sebuah pemikiran "Sehat itu mahal". Ups !! jangan salah mengartikannya "Sehat itu mahal" artinya bukan mahal dalam meraihnya, tapi mahal harganya ketika kita sudah mendapatkannya. Sehat itu murah kok, "Tidak kah kau merasa ?...
7 Kebiasaan yang Bikin Tubuh Tetap Bugar
Untuk kali ini penulis ingin berbagi tips sederhana yaitu tentang cara mendapatkan kebugaran tubuh meski dalam situasi yang sangat sibuk, dengan kata lain melatih kebugaran tubuh disela-sela kesibukan. Ah, penulis ada-ada aja.. Ora, penulis tidak mengada-ada. Apalagi anda pekerja kantoran, tips ini sangat cocok dan silahkan dicoba. Mungkin saya tidak perlu panjang lebar lagi, berikut tipsnya;

1. Membiasakan bangun tidur lebih pagi
Cara sederhana menjaga tubuh agar tetap bugar adalah dengan membiasakan bangun tidur lebih pagi. Bangun tidur lebih pagi sangat banyak manfaatnya, selain mendapatkan udara yang lebih segar kita juga mempunyai lebih banyak waktu. Waktu yang lebih banyak tersebut bisa kita manfaatkan dalam melakukan aktivitas gerak.

Selanjutnya perlu diingat sewaktu kita bangun dari tempat tidur harus diawali dengan pemanasan. Peregangan otot-otot sangat perlu dilakukan, tapi jangan membiasakan membunyikan persendian. Mulailah meregangkan tubuh dari bagian atas lalu kebawah sedangkan intensitas batasnya adalah rasa nyeri.
Mengapa pemanasan sangat penting bagi tubuh kita di waktu bangun tidur?. Karena kondisi tubuh yang berbeda disaat istirahat dalam hal ini tidur sangat berbeda aktivitasnya/gerakannya disaat kita bangun. Jadi ketika kita beraktivitas gerak pada saat bangun dengan meregangkan otot-otot, tubuh kita tidak terkejut/kaget dengan aktivitas yang baru.
Meskipun dirumah kita tidak ada alat-alat olahraga yang bisa kita angkat untuk melatih kebugaran tubuh. Kita dapat memanfaatkan alat-alat seadanya. Misalkan disekitar rumah kita ada beberapa tanaman bunga, disitu bisa kita manfaatkan dengan menyiram bunga menggunakan ember. Lalu apakah berpengaruh dengan latihan semacam itu?. Iya, asalkan tekniknya benar dan tepat.

Dibawah ini cara-caranya :
  • Mulailah menggunakan dua ember.
  • Sebelum kita mengangkat ember hiruplah napas, lalu pada saat mengangkat ember buanglah napas kita.
  • Dalam aktivitas menyiram tersebut atur selalu nafas kita dengan bernafas secara perlahan-lahan (keluarkan secara pelan-pelan dan hiruplah secara pelan-pelan)
  • Posisi badan harus tetap tegap dan sedikit membusungkan dada dan jangan bungkuk.
  • Ulangi sampai beberapa kali.

2. Jangan parkir kendaraan terlalu dekat dengan kantor
Cara sederhana menjaga tubuh agar tetap bugar selanjutnya yaitu dengan memarkir kendaraan di tempat agak jauh dari tempat kerja kita. Jika kita memarkir kendaraan terlalu dekat dengan kantor, kita tidak mempunyai kesempatan untuk berjalan kaki ataupun berlari. Meskipun tidak seperti larinya atlet yang latihan lari di taman kota, setidaknya sesekali kita mencoba berlari disela-sela kita berjalan menuju kantor. Dalam perjalanan kita dari tempat parkir menuju ke dalam kantor posisi badan juga harus selalu tegap. Hal ini bertujuan untuk memperlancar aliran darah karena oksigen lebih mudah memompa darah di dalam tubuh dengan posisi yang tegap dari pada posisi tubuh yang terbungkuk. Menegapkan tubuh juga memperlancar perkembangan otot-otot kita disaat tubuh beraktivitas.

3. Sesekali menggunakan anak tangga
Cara sederhana menjaga tubuh agar tetap bugar juga bisa didapat dengan cara sesekali anda tidak menggunakan lift. Sesekali anda harus menggunakan anak tangga menuju meja kerja anda. Hal tersebut sering sekali dilakukan oleh atlet dalam latihan meningkatkan daya tahan tubuh. Lalu kenapa anda tidak menggunakan cara seperti itu, sedangkan didekat anda ada fasilitas yang memang mendukung untuk sebuah latihan kebugaran jasmani anda.

4. Lima belas menit pulang lebih lambat
Dalam latihan pembiasaan ini hampir sama pembahasannya dengan pembiasaan pada saat bangun dari tidur, yaitu otot-otot yang lelah karena bekerja sepanjang hari akan mendapatkan resiko cidera lebih banyak ketika mendapatkan gerak kejut dari tubuh. Maksudnya sebelum kita mengawali gerak berkelanjutan yang berbeda disarankan untuk meregangkan otot-otot terlebih dahulu.

5. Hindari makanan dan minuman yang tubuh kita tidak bisa menerimanya
Cara sederhana menjaga tubuh agar tetap bugar satunya yaitu dengan menghindari makanan dan minuman yang tubuh kita tidak bisa menerimanya. Makanan yang mempunyai kandungan gizi seimbang sangat disarankan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Selanjutnya tidak semua jenis makan mempunyai gizi baik dan tidak semua gizi yang terkandung di dalam makanan itu bisa diserap oleh tubuh kita. Kasus tersebut karena kondisi tubuh antara individu yang satu dengan individu yang lain tidaklah sama. Contoh, orang yang tubuhnya bisa menerima makanan buah semangka belum tentu orang yang lain bisa menerimanya. Untuk itu sangat dianjurkan bagi kita mengetahui mana makanan yang cocok bagi tubuh kita dan mana makanan yang tidak cocok untuk tubuh kita.

Sebenarnya mudah untuk mengetahui apakah makanan tersebut cocok untuk tubuh kita atau tidak yaitu dengan cara memperhatikan dampak kejadian setelah kita makan makanan tersebut. Jika kita muntah setelah makan buah-buahan semisal pisang, berarti tubuh kita tidak bisa menerimanya. Jika kita mengalami gangguan perut atau mual-mual setelah makan daging, berarti tubuh kita tidak bisa menerimanya. Akan tetapi dalam mengkonsumsi makanan yang tubuh kita tidak bisa menerimanya sesekali kita harus memakannya tapi dalam jumlah sedikit, dengan kata lain kita harus melatihnya. Karena dengan melatihnya tersebut kita tidak akan kehilangan manfaat dari gizi atau vitamin dari makanan yang lain.
Beberapa contoh vitamin yang terkandung dalam bahan-bahan makanan
- Vitamin B (kacang, telur, biji-bijian, dan hati)
- Vitamin C (jeruk, tomat, kubis, dan buah-buahan)
- Vitamin A (wortel, hati, dan minyak ikan)
- Vitamin D (minyak ikan dan telur)
- Vitamin E (sayur-sayuran hijau)
- Vitamin K (daunan hijau, sayur-sayuran, keju, dan kuning telur)

6. Hiasi ruang kerja seindah mungkin
Cara sederhana menjaga tubuh agar tetap bugar selanjutnya yaitu dengan cara menghiasi ruang kerja kita seindah mungkin. Alasannya, kebugaran tubuh selain dipengaruhi oleh faktor fisik juga dipengaruhi oleh faktor psikis. Untuk mendapatkan suasana hati yang nyaman dan tenang hiasilah ruang kerja anda dengan seindah mungkin, tentunya dengan selera anda. Warna yang cerah mendorong seseorang untuk berfikir positif jauh kedepan dan lebih luas daripada seseorang yang lebih suka dengan warna yang gelap.
Seseorang yang sering melamun, cemas, dan selalu gelisah akan lebih cepat mendorong tubuhnya ke kondisi yang kurang bugar bahkan bisa menjadi sakit. 
Selain itu gunakan aroma terapi sesuai selera anda. Bisa berupa bunga yang masih hidup, lilin, akar, atau dari minyak. Dipercaya aroma terapi bisa membangkitkan energy positif dari dalam tubuh.

7. Meski hari libur jangan membiasakan bermalas-malasan
Cara sederhana menjaga tubuh agar tetap bugar yang terakhir yaitu dengan jangan dibiasakan ketika hari libur untuk bermalas-malasan. Karena hal tersebut bisa menurunkan semangat dan kebiasaan yang anda bangun selama di masa-masa latihan kebugaran jasmani. Jika hal tersebut anda lakukan, dikhawatirkan akan sulit kembali lagi ketika kita akan memulai latihan seperti biasanya.
Ingat latihan yang baik itu adalah latihan yang dilakukan secara terus-menerus.
(Sekian, Masa depan di tangan anda)
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar