Komponen RPP K-13 Revisi 2018 Beserta Tujuannya - Blog Pak Yogi

Komponen RPP K-13 Revisi 2018 Beserta Tujuannya

Masih mengenai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah sebagai dasar komponen yang harus ada dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah sebagai berikut : Indentitas sekolah, Identitas mata pelajaran, Kelas dan semester, Materi pokok, Alokasi waktu, Kompetensi Inti, KD dan IPK, Tujuan pembelajaran, Materi pembelajaran, Metode pembelajaran, Media pembelajaran, Sumber belajar, Langkah-langkah pembelajaran, Penilaian hasil pembelajaran.

Selanjutnya dalam menyusun RPP K-13 Revisi 2018 kita harus menerapkan kaidah-kaidah sesuai yang disarankan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Tujuannya tidak lain yaitu untuk mempermudah kita dalam melaksanakan pembelajaran serta meraih tujuan dalam pendidikan yang sudah disarankan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Oke langsung saja, berikut Komponen RPP K-13 Revisi 2018 Beserta Tujuannya.

Identitas Sekolah

Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan tempat kita bernaung (bekerja). Misalkan kita mengajar di SMP Negeri 6 Jakarta, maka identitas sekolah dalam RPP adalah SMP Negeri 6 Jakarta. Selanjutnya dengan adanya identitas sekolah, maka secara tidak langsung bahwa RPP tersebut bisa digunakan atau diterapkan pada satuan wilayah atau sekolah tersebut dan belum tentu bisa diterapkan pada satuan wilayah atau sekolah lain. Hal tersebut mengacu pada prinsip pembuatan RPP.

Identitas Mata Pelajaran

Identitas mata pelajaran atau tema atau juga subtema, berisi mengenai mata pelajaran yang kita ampu. Misalkan kita sebagai guru olahraga, maka pada kolom identitas mata pelajaran kita isi dengan pelajaran olahraga. Tujuannya, supaya sebagai pembeda atau sekaligus menegaskan antara RPP mata pelajaran yang satu dengan yang lainnya. Jadi, ketika disuvervisi oleh kepala sekolah, kepala sekolah tahu bahwa RPP itu adalah RPP mata pelajaran olahraga yang tentunya isi serta tujuan dan sasarannya mengenai pelajaran olahraga dan bukan mata pelajaran yang lain.

Kelas dan Semester

Kelas dan semester menegaskan bahwa RPP tersebut digunakan untuk kelas berapa dan semester berapa. Misalkan kita membuat RPP kelas 7b dan semester 1, maka isi kolom pada kelas dan semester berisi kelas 7b dan semester 1. Selanjutnya, ketika kita membuat RPP kelas 7b semester 2, maka isi kolom pada kelas dan semester berisi kelas 7b dan semester 2. Intinya harus sesuai dengan masa periode pembelajarannya.

Materi Pokok

Materi pokok berisikan tentang materi pokok yang akan kita sampaikan kepada peserta didik. Misalkan Atletik yang akan kita sampaikan, maka Atletik adalah isi dari kolom materi pokok. Tujuannya adalah sekali lagi untuk membedakan atau menegaskan bahwa materi tersebutlah yang dibahas dalam RPP.

Alokasi Waktu

Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian Kompetensi Dasar dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan Kompetensi Dasar yang harus dicapai. Misalkan, dalam satu tahun pembelajaran 2018/2019 mempunyai jumlah efektip 249 hari, maka kita harus membaginya dengan kompetensi dasar yang akan kita capai serta beban kerja ditambah jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus.

Berikut contoh gambar dari komponen Identitas sekolah, Identitas mata pelajaran, Kelas dan semester, Materi pokok, dan Alokasi waktu.


Kompetensi Inti

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu : (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, (4) keterampilan. Keempat kompetensi tersebut selanjutnya disebut kompetensi inti.

Kompetensi Inti Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SMP/MTs pada setiap tingkat kelas. Kompetensi inti dirancang untuk setiap kelas. Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horizontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.

Kompetensi inti yang bersifat generik mencakup 3 (tiga) ranah yakni sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ranah sikap dipilah menjadi sikap spiritual dan sikap sosial. Pemilahan ini diperlukan untuk menekankan pentingnya keseimbangan fungsi sebagai manusia seutuhnya yang mencakup aspek spiritual dan aspek sosial sebagaimana diamanatkan dalam tujuan pendidikan nasional. Dengan demikian, kompetensi yang bersifat generik terdiri atas 4 (empat) dimensi yang merepresentasikan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dituangkan dalam kompetensi inti.

Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut :
  • Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual 
  • Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial 
  • Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan 
  • Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan 
Contoh isi Kompetensi Inti

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi (KD dan IPK). Kompetensi dasar pada Kurikulum 2013 SMP/MTs berisi kemampuan dan muatan pembelajaran untuk mata pelajaran pada SMP/MTs yang mengacu pada Kompetensi Inti.

Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai Kompetensi Inti. Rumusan Kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan peserta didik, dan kekhasan masing-masing mata pelajaran. Kompetensi dasar untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan meliputi empat kelompok sesuai dengan pengelompokan Kompetensi Inti sebagai berikut.
  • Kelompok 1: kelompok KD sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1 
  • Kelompok 2: kelompok KD sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2 
  • Kelompok 3: kelompok KD pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3 
  • Kelompok 4: kelompok KD keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4 

Adapun untuk mata pelajaran selain Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, kompetensi dasar yang dikembangkan terdiri atas dua kelompok yaitu kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3 dan kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4. Kompetensi kompetensi dasar tersebut kemudian dikembangkan ke dalam silabus.

Berikut contoh kompetensi-kompetensi dasar mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) berdasarkan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016


Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan Kompetensi Dasar dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Berikut contoh Tujuan pembelajaran dalam satu RPP.


Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai.

Media Pembelajaran

Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran.

Sumber Belajar

Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan.

Contoh Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Media dan Bahan Pembelajaran, dan Sumber Belajar.


Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.

Contoh Langkah-langkah Pembelajaran dalam RPP


Penilaian Hasil Pembelajaran

Penilaian hasil pembelajaran meliputi 1) Teknik penilaian Sikap spiritual, Sikap sosial, pengetahuan, Keterampilan. 2) Pembelajaran Remedial. 3) Pembelajaran Pengayaan.

Contoh Penilaian Hasil Belajar


Contoh Rubik Penilaian Hasil Pembelajaran


Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar