Mengenal Bagian-bagian Gitar Akustik Beserta Fungsinya - Blog Pak Yogi

Mengenal Bagian-bagian Gitar Akustik Beserta Fungsinya

Gitar adalah salah satu alat musik yang sudah pamiliar di kalangan masyarakat. Gitar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Ada berbagai jenis dan fungsi dari alat musik gitar yaitu diantaranya Rhythm (ritem), Bass, dan Melodi.
Rhythm adalah salah satu jenis gitar yang cara memainkannya dengan memetik semua atau sebagian pada senar gitar (digenjreng).
Bass adalah salah satu jenis gitar yang cara memainkannya dengan memetik satu senar dan menghasilkan bunyi yang besar.
Melodi adalah salah satu jenis gitar yang cara memainkannya dengan memetik satu senar dan menghasilkan bunyi yang melenting.
Orang yang ahli memainkan alat musik gitar disebut Gitaris 

Alat musik gitar mampu menghasilkan bunyi yang sangat merdu dengan nada-nada yang bervariasi. Dengan nada-nada yang bervariasi tersebut sehingga gitar bisa mengiringi lagu dengan berbagai jenis aliran (genre).

Bunyi yang dihasilkan gitar akustik berasal dari getaran senar yang dialirkan ke tabung atau body gitar.

Berbicara masalah genre, gitar selalu digunakan untuk mengiringi sebuah lagu baik itu yang beraliran pop, jazz, rock, keroncong, dangdut bahkan lagu tradisional sekali pun. Namun untuk kali ini penulis tidak membahas terlalu jauh masalah genre musik, tapi penulis ingin membahas tentang gitar akustik dan beserta fungsi-fungsinya. Selanjutnya silahkan menyimak gambar anatomi gitar akustik di bawah ini.
https://www.munawirsuprayogi.com/2018/09/mengenal-bagian-gitar-akustik-beserta-fungsinya.html

Mengenal Bagian-bagian Gitar Akustik Beserta Fungsinya

Dari gambar anatomi gitar akustik di atas kita sudah mengetahui bagian-bagian yang ada di dalam gitar akustik. Langsung saja berikut fungsi-fungsi dari bagian-bagian gitar akustik.

Headstock atau Kepala Gitar

Headstock atau Kepala Gitar terdapat di bagian paling ujung gitar. Di dalam kepala gitar terdapat tuner dan nut gitar. Selain itu juga biasanya dibagian kepala gitar terdapat merek gitar atau brand.

Tuner

Tuner terdapat di bagian kepala gitar. Adapun fungsi tuner adalah untuk menentukan suatu nada gitar (menyetem). Ya, biasanya seorang gitaris memutarnya untuk menyetem gitar baik dengan mengencangkan setelan senar atau mengendorkannya.

Nut

Seperti yang penulis bicarakan di atas nut berada di bagian kepala gitar dan adapun fungsi nut adalah untuk penyangga sekaligus pemberi jarak antara senar yang satu dengan senar yang lainnya. Dengan adanya nut tersebut sehingga gitar dapat mengeluarkan bunyi nada sesuai dengan setelannya (setem).

Fret

Fret terletak di neck gitar atau leher gitar. Adapun fungsi fret adalah penentu suatu bunyi nada yang dimainkan oleh seorang gitaris. Umumnya fret gutar akustik berjumlah 19 buah.

String (Senar)

String gitar atau senar gitar pada gitar akustik berjumlah 6 buah dengan masing-masing bunyi nada yang dihasilkan. Adapun untuk mengetahui bunyi nada dari masing-masing senar kita bisa menentukan terlebih dahulu pada senar satu. Senar satu berada di bagian paling bawah atau senar yang paling kecil. Senar satu ini akan menghasilkan bunyi nada E’ (E aksen). Begitu juga selanjutnya dengan senar 2 yaitu senar yang berada diatasnya senar satu dan senar 2 ini harus menghasilkan bunyi nada B. Untuk senar 3 bunyi nadanya yaitu G, senar 4 bunyi nadanya D, senar 5 bunyi nadanya A, dan senar yang ke-6 bunyi nadanya E.

Lubang Suara

Lubang Suara berada di bagian sound board gitar dan berfungsi menghantarkan getaran senar menuju ke body gitar sehingga menghasilkan suara gitar. Suara gitar tidak akan muncul dengan sempurna jika lubang suara tertutup.

Saddle

Saddle adalah bantalan atau tempat tumpuan yang berada di bridge gitar. Adapun fungsi saddle samadengan fungsi nut yang berada di kepala gitar yaitu sebagai tumpuan senar-senar gitar sekaligus member renggang sehingga senar dapat bergetar dengan sempurna dan mengirimkan suara. Biasanya saddle terbuat dari bahan plastic dan berwarna putih.

Bridge

Bridge gitar berada di sound board dan berfungsi sebagai pengikat saddle sekaligus pengkait senar-senar gitar. Pada panggkal senar gitar terdapat pentul yang digunci oleh bridge tersebut sehingga senar dapat terkait dengan kencang.

Sound Board

Sound board adalah papan kayu yang berlubang dan sebagai tumpuan bridge. Sound board juga sebagai penyempurna suara gitar karena satu kesatuan dari body gitar.

Pengghubung

Pengghubung adalah kayu yang menghubungkan sound board depan dan soun board belakang dan sekali lagi sebagai satu kesatuan sehingga terbetuk sebagai body gitar.

Finger board

Finger board adalah tempat yang berfungsi sebagai penentu suatu nada jika jari-jemari kita menekan senar. Ya, finger board berada di antara atau berjajar dengan fret-fret gitar.

Body (Badan)

Body atau badan gitar adalah bagian dari gitar yang berfungsi sebagai penampung getaran-getaran senar sehingga menghasilkan suara gitar. Body gitar akustik bentuknya sangat beragam dan begitu juga warnanya.

Neck (Leher)

Neck atau leher gitar berfungsi sebagai tempat fret-fret gitar. Neck gitar yang bagus adalah neck gitar yang lurus dan sejajar dengan senar gitar. Neck gitar adalah penentu kenyamanan kita ketika memainkan alat musik gitar.
Tips : Untuk mengetahui neck gitar yang lurus dan sejajar dengan senar gitar adalah dengan melihatnya dari pangkal body gitar (mengkekernya).

Oke cukup sekian pembahasan penulis tentang Mengenal Bagian-bagian Gitar Akustik Beserta Fungsinya. Semoga bermanfaat.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar