Mengenal Berbagai Macam Teknik Dasar Permainan Tenis Meja - Blog Pak Yogi

Mengenal Berbagai Macam Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

Tenis Meja – Pernah menonton pertandingan tenis meja di TV ?, misalkan pertandingan internasional antara Mal Long Vs Fan Zhendong. Ya, kedua pemain tenis meja tersebut adalah atlet tenis meja professional kelas dunia asal RRC (Republik Rakyat China). Ingin seperti mereka ?. latihan yang giat sesuai arahan pelatih dan kuasai teknik-teknik dasar permainan tenis meja terlebih dahulu, saya jamin pasti berhasil.
https://www.munawirsuprayogi.com/2018/09/mengenal-berbagai-macam-teknik-dasar-permainan-tenis-meja.html
Berbicara masalah teknik dasar permainan tenis meja, ada empat teknik dasar dalam permainan tenis meja yaitu diantaranya Teknik dasar memegang bet atau grip, Teknik dasar siap siaga atau stance, Teknik dasar gerak kaki atau footwork, Teknik dasar pukulan atau stoke. Oke langsung saja berikut penjelasannya.

Mengenal Berbagai Macam Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

1. Teknik dasar memegang bet (Grip)

Teknik dasar memgang bet dalam permainan tenis meja ada dua cara yaitu teknik memegang bet seperti berjabat tangan atau shakehand grip dan teknik memegang bet seperti menulis atau pulpen (penhold grip).

Cara memegang bet seperti berjabatan tangan (Shakehand Grip)
  • Letakkan bet di pinggir meja dengan gagang menggantung
  • Pegang gagang bet dengan telapak tangan sepenuhnya menempel di gagang bet
  • Jari kelingking, jari manis, dan jari tengah mengepal gagang bet sedangkan jari telunjuk berada di papan bet dengan ibu jari berada di balik sisi papan bet.

Gambar pegangan shakehand grip
Gambar pegangan shakehand grip

Cara memegang bet seperti memegang pulpen (Penhold Grip)
  • Letakkan bet di pinggir meja dengan gagang menggantung
  • Pegang gagang bet dari arah bawah dengan jari kelingking, jari manis, dan jari tengah lurus sejajar menyentuh papan bet.
  • Sedangkan ibu jari dan jari telunjuk berada di balik sisi papan bet yang sama.

Gambar pegangan penhold grip
Gambar pegangan penhold grip

2. Teknik dasar siap sedia (Stance)

Teknik dasar siap sedia atau stance berarti posisi kaki, badan, tangan, sudah dalam keadaan siap menerima bola yang datang dan selanjutnya untuk dikembalikan. Begitu juga dengan pandangan kita harus selalu mengarah ke bola. Selanjutnya Teknik dasar siap sedia atau stance ada dua macam yaitu square stance dan side stance.
Square Stance adalah posisi badan menghadap penuh ke meja
Side Stance adalah posisi badan menyerong dari arah meja atau menyamping 
[Baca Juga] : Kamus Tenis Meja

3. Teknik dasar gerak kaki (Footwork)

Dalam teknik dasar tenis meja ada pula istilah teknik dasar gerak kaki atau footwork. Yang dimaksud dengan teknik dasar gerak kaki atau footwork adalah cara-cara yang mendasar untuk mengatur langkah kaki disaat kita bermain tenis meja.

Seorang pemain tenis meja harus mampu mengatur langkah kakiknya baik disaat bermain singel atau tunggal maupun pada saat bermain double atau ganda.
Bermain Tunggal adalah sebuah istilah dalam olahraga tenis meja ketika pertandingan dimainkan oleh satu orang pemain dalam satu regu.
Bermain Ganda adalah sebuah istilah dalam olahraga tenis meja ketika pertandingan dimainkan oleh dua orang pemain dalam satu regu.

4. Teknik dasar pukulan (Stroke)

Nah ini yang paling penting dalam permainan olahraga tenis meja yaitu teknik dasar pukulan atau stroke. Teknik dasar pukulan atau stroke ada dua macam yaitu Forehand Stroke dan Backhand Stroke.
Forhand Stroke adalah sebuah istilah dalam olahraga tenis meja tentang teknik pukulan ketika bet berada di sisi luar dari tubuh kita
Backhand Stroke adalah sebuah istilah dalam olahraga tenis meja tentang teknik pukulan ketika bet berada di sisi dalam dari tubuh kita
[Baca Juga] : Kamus Tenis Meja

Selanjutnya dalam teknik dasar pukulan baik forhandstroke maupun backhand stroke ada pukulan-pukulan lanjutan yaitu diantaranya Push, Drive, Block, Chop, Spin, Loop, dan Lob.

Oke itulah tadi pembahasan penulis mengenai Mengenal Berbagai Macam Teknik Dasar Permainan Tenis Meja. Sekian dari saya semoga bermanfaat.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar