PERAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH - Blog Pak Yogi

PERAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH

Peranan Guru di Sekolah – Sebagai seorang pendidik yang memahami fungsi dan tugasnya, seorang guru harus membekali dirinya dengan berbagai ilmu keguruan sebagai dasar modal utamanya. Seorang guru adalah pendidik di lingkungan sekolah dan lebih-lebih di lingkungan masyarakat, sehingga seorang guru harus mempunyai kepribadian yang ideal.


https://www.munawirsuprayogi.com/2018/09/peran-guru-dalam-proses-belajar-mengajar-di-sekolah.html

Mengenai guru adalah seorang pendidik, maka guru harus faham dengan tugas dan fungsinya. Untuk itu peranan guru di sekolah harus dituntut kreatif dan harus mempunyai cita-cita yaitu diantaranya :

  • Terciptanya mental berbudaya peserta didik berupa kepandaian, kecakapan, dan kreatifitas. 
  • Terciptanya kepribadian peserta didik yang harmonis di masyarakat. 
  • Terciptanya generasi muda yang mencintai tanah airnya. 

Selanjutnya mengenai cita-cita guru di atas maka untuk mempermudah dalam mencapainya guru diharap menerapkan perannya di lingkungan sekolah. Berikut peran guru dalam proses belajar mengajar di sekolah :

1. Fasilitator

Guru sebagai fasilitator maksudnya guru hendaknya dapat menjadi peran utama sebagai penyedia pembelajaran yang baik dalam kegiatan proses belajar mengajar sehingga membuat peserta didik lebih mudah dalam menyerap pelajarannya.

2. Motivator

Guru sebagai motivator adalah guru diharapkan mampu mendorong peserta didik agar mempunyai minat belajar yang tinggi. Disaat peserta didik jenuh akan materi yang diajarkan oleh guru, maka guru harus mampu mendorong semangat belajar peserta didik.

3. Informator

Guru sebagai informator adalah guru diharapkan harus menginformasikan kepada peserta didik mengenai perkembangan ilmu pengetahuan. Soalnya ilmu pengetahuan selalu mengalami perbaikan-perbaikan dari waktu ke waktu. Untuk itu guru harus mencari informasi terbaru mengenai dunia pendidikan.

4. Konselor

Guru sebagai konselor adalah guru diharapkan harus mampu membimbing peserta didik disaat peserta didik mempunyai kendala-kendala yang menghambat dalam menyerap pelajaran. Seorang guru harus tahu dan paham masalah-masalah yang dihadapi peserta didik di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat.

5. Korektor

Guru sebagai korektor maksudnya guru selain menyampaikan mata pelajaran dan atau membimbing, guru juga harus diharapkan memantau perkembangan peserta didik. Seorang guru harus memantau masing-masing peserta didik sudah sampai mana peserta didik tersebut menyerap materi mata pelajaran yang diberikan oleh guru.

6. Inspirator

Guru sebagai inspirator adalah guru adalah seorang panutan atau suri tauladan bagi tiap-tiap peserta didik. Maka guru harus mempunyai kepribadian yang matang dan sehingga layak untuk dicontoh oleh peserta didik.

7. Inisiator

Guru sebagai inisiator adalah guru harus mampu mengeluarkan ide-ide kreatif dan ide-ide inovatif dalam memecahkan permasalahan-permasalahan disaat proses belajar megajar. Guru harus mampu pula membimbing peserta didik untuk belajar mandiri dan mengeluarkan ide kreatif, memecahkan masalah disaat peserta didik mengalami kendala dalam menyerap materi pelajaran.

8. Demonstrator

Selanjutnya guru sebagai demonstrator adalah guru adalah alat peraga hidup yang menjembatani antara mata pelajaran dengan peserta didik. Dengan kehadiran seorang guru, diharapkan peserta didik lebih mudah memahami materi mata pelajaran.

9. Mediator

Guru sebagai mediator adalah guru harus mempunyai pengetahuan yang mempuni di bidangnya baik yang material maupun non material. Seorang guru harus mempunyai kemampuan lebih yaitu menguasai mata pelajaran yang sesuai bidangnya ataupun bidang-bidang yang lainnya.

10. Supervisor

Guru sebagai sufervisor adalah guru diharapkan mampu memperbaiki cara belajar peserta didik dikala kurang efisien. Seorang guru harus berani dalam mencoba cara-cara baru dalam menyampaikan meteri pelajarannya demi mencapai hasil sebuah pendidikan sesuai dengan tujuan kurikulum yang diwajibkan oleh kemendikbud.

11. Evaluator

Guru sebagai evaluator adalah guru diharapkan mampu mengumpulkan data dari masing-masing peserta didik mengenai pantauannya pada saat proses belajarnya sehingga dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan peserta didik selanjutnya. Setelah mempunyai tolak ukur tersebut maka guru akan lebih mudah mengetahui tipe pembelajaran yang sesuai dengan kriteria peserta didik tersebut.

Itulah tadi pembahasan penulis mengenai peran guru dalam proses belajar mengajar di sekolah. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar