K-13 Revisi 2018 : Cara Menentukan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) - Blog Pak Yogi

K-13 Revisi 2018 : Cara Menentukan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/cara-menentukan-kkm.html
Kriteria ketuntasan minimal atau KKM adalah kriteria ketuntasan belajar yang sudah ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada standar kompetensi kelulusan.

Dalam menentukan KKM, satuan pendidikan harus berkoordinasi dengan kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya. Selanjutnya, dalam menentukan KKM harus mengacu pada 3 aspek yaitu karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung).

Cara teknis prosedur penentuan KKM mata pelajaran pada satuan pendidikan

Secara teknis sesuai dengan prosedur Kurikulum 2013 revisi 2018, penentuan KKM mata pelajaran pada satuan pendidikan didapat dengan menghitung jumlah KD dan menentukan nilai aspek KKM.

1. Menghitung Jumlah KD

Secara teknis prosedural dalam menentukan KKM mata pelajaran terlebih dahulu kita menghitung jumlah KD (kompetensi dasar) setiap mata pelajaran di masing-masing tingkat kelas dalam satu tahun periode pembelajaran. [Baca juga] : Komponen RPP K-13 Revisi 2018 Beserta Tujuannya

2. Menentukan Nilai Aspek KKM

Cara menentukan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) selanjutnya menentukan nilai aspek karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan. Berikut penjelasannya :

- Karakteristik peserta didik (intake)
Untuk menentukan KKM bagi peserta didik baru yaitu dengan memperhatikan nilai rata-rata raport jenjang sebelumnya atau dengan mengacu pada nilai ijazah. Misalkan untuk menentukan KKM peserta didik kelas VII SMP/MTs maka yang dibuat acuan adalah nilai ijazah SD/MI dan nilai rata-rata raport kelas VI SD/MI.

Sedangkan untuk menentukan KKM bagi peserta didik yang berada di kelas berikutnya atau naik kelas, maka penentuan KKM dengan memperhatikan nilai raport di semester sebelumnya. Misalkan, dalam menentukan KKM peserta didik kelas VIII maka ketentuannya dengan memperhatikan nilai rata-rata raport kelas VII (Begitu juga dengan kelas IX).

- Karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi)
Karakteristik mata pelajaran atau kompleksitas materi adalah tingkat kesulitan dari masing-masing mata pelajaran. Adapun tingkat kesulitan dari pelajaran bisa ditetapkan melalui forum MGMP atau KKG dengan memperhatikan hasil analisis jumlah KD, kedalaman KD, keluasan, dan perlu tidaknya pengetahuan prasyarat.

Pengetahuan prasyarat adalah kemampuan peserta didik terhadap mata pelajaran yang harus dikuasai untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya.

- Kondisi satuan pendidikan (daya dukung)
Mengenai kondisi satuan pendidikan yaitu meliputi kompetensi pendidik (nilai UKG), jumlah peserta didik dalam satu kelas, predikat akreditasi sekolah, dan kelayakan sarana dan prasarana sekolah.

Dari pemaparan di atas kita sudah tahu bagaimana cara menentukan KKM secara teknis sesuai prosedur. Untuk lebih jelasnya mari kita bersama-sama memperhatikan kriteria dan skala di bawah ini ;

Untuk menganalisis setiap KD, maka perlu meminta kesepakatan dari masing-masing guru mata pelajaran yang ada di sekolah.
https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/cara-menentukan-kkm.html

Jika kita menentukan KKM per KD, maka berikut rumus dari tabel di atas ; KKM per KD = jumlah total setiap aspek / jumlah total aspek

Misalkan ;
> Aspek daya dukung mendapat nilai 90
> Aspek kompleksitas mendapat nilai 70
> Aspek intake mendapat nilai 65

Maka ; KKM per KD = 90 + 70 + 65 / 3 hasil yang didapat adalah 75 untuk KKM per KD

Selanjutnya untuk menentukan KKM per KD dapat juga dengan menggunakan poin atau skor berupa bobot poin berbeda pada masing-masing aspek. Berikut tabelnya ;

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/cara-menentukan-kkm.html
Jika KD memiliki kompleksitas tinggi, daya dukung tinggi, dan intake peserta didik sedang, maka KKM per KD = (1 + 3 + 2) X100 / 9 maka hasil KKM per KD adalah 66,7 dan harus dibulatkan yaitu 67

Selanjutnya untuk menetukan KKM per Mapel yaitu dengan cara rumus di bawah ini ;
KKM mata pelajaran = jumlah total KKM per KD / jumlah total KD.

Itulah tadi penjelasan penulis mengenai cara menentukan KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal. Saya akhiri dan semoga bermanfaat.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar