Pengertian, Prosedur, dan Teknik PENILAIAN K-13 Rev 2018 - Blog Pak Yogi

Pengertian, Prosedur, dan Teknik PENILAIAN K-13 Rev 2018

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/pengertian-prosedur-dan-teknik-penilaian-k13-revisi-2018.html
Pembahasan kali ini mengenai pengertian, prosedur, dan teknik penilaian k-13 revisi 2018 yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian hasil belajar peserta didik bertujuan untuk mengetahui kompetensi peserta didik dalam suatu pembelajaran. Hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan digunakan guru untuk menyusun program remedial atau pengayaan serta perbaikan proses pembelajaran berikutnya. Penilaian sikap meliputi butir-butir nilai sikap yang tercantum dalam KI-1 yakni religius dan KI-2 yakni sosial dan butir-butir nilai karakter lainnya yang dicakup dalam PPK.

Pengertian Penilaian K-13 Revisi 2018

Nilai hasil belajar adalah suatu penilaian yang berupa angka atau deskripsi dalam periode waktu yang sudah ditentukan berdasarkan hasil belajar siswa.

Penilaian K-13 Revisi 2018 adalah hasil angka dan deskripsi belajar yang diberikan kepada siswa oleh guru dalam suatu pembelajaran yang meliputi teknik dan prosedur penilaian.

Adapun peraturannya antara lain ; 1). Permendikbud No. 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah meliputi, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs, Silabus Mata Pelajaran SMP/MTs, dan Pedoman Mata Pelajaran SMP/MTs. 2). Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. 3). Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. 4). Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pendidikan Dasar dan Menengah. 5). Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. 6). Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 7). Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Prosedur Penilaian K-13 Revisi 2018

Prosedur Penilaiannya meliputi ;
a. Menyusun perencanaan penilaian
b. Mengembangkan instrumen penilaian
c. Melaksanakan penilaian
d. Memanfaatkan hasil penilaian
e. Melaporkan hasil penilaian dalam bentuk angka dengan skala 0-100 dan deskripsinya.

Teknik Penilaian K-13 Revisi 2018

Sebelum kita menentukan hasil nilai belajar siswa dalam suatu pembelajaran, terlebih dahulu kita harus mengetahui teknik penilaian K-13 Revisi 2018. Selanjutnya, ada beberapa teknik penilaian yang bisa kita gunakan antara lain yaitu observasi, tes tulis dan lisan, dan praktik.

Selanjutnya, guru dalam melaksanakan penilaian kepada siswanya diharap guru tersebut berpedoman kepada Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang SKL (Standard Kompetensi Lulusan) dan selanjutnya menentukan KKM sesuai yang sudah ditentukan di masing-masing lembaga sekolahnya.

Kurikulum K-13 rev 2018 mempunyai kriteria yang harus dinilai yaitu diantaranya sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

# Teknik Penilaian Sikap
Diharapkan siswa mempunyai kualifikasi sikap spiritual dan sikap sosial meliputi kemampuan perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkarakter, jujur, dan peduli. Bertanggung jawab dan menjadi pembelajar sejati sepanjang hayat dan sehat jasmani serta rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
Dalam menentukan nilai sikap siswa, kita bisa mengamati prilaku siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

# Teknik Penilaian Pengetahuan
Diharapkan siswa mempunyai kualifikasi kemampuan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya. Mampu mengaitkan pengetahuan dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
Dalam menentukan nilai pengetahuan siswa, kita bisa menggunakan teknik ujian tulis atau dengan teknik ujian lisan.

# Teknik Penilaian Keterampilan
Diharapkan siswa mempunyai kualifikasi kemampuan berpikir dan bertindak: kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri.
Dalam menentukan nilai keterampilan siswa, kita bisa menggunakan teknik penilaian ujian praktik. 

Oke cukup sekian pembahasan saya mengenai Pengertian, Prosedur, dan Teknik PENILAIAN K-13 Rev 2018. Saya akhiri dan sampai berjumpa kembali.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar