10 Tempat Tongkrongan Terfavorit di Kabupaten Paser - Blog Pak Yogi

10 Tempat Tongkrongan Terfavorit di Kabupaten Paser

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/tempat-nongkrong-terfavorit-di-paser.html
Kabupaten Paser - Kabupaten yang berada di pesisir timur pulau kalimantan ini masuk di wilayah provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten Paser terletak di sebelah paling selatan dari provinsi Kalimantan timur dan berbatasan langsung dengan provinsi Kalimantan Selatan.

Kabupaten Paser memiliki luas wilayah 11.603,94 Km², meliputi wilayah darat dan laut. Dan mempunyai jumlah penduduk 262.301 jiwa dengan pertumbuhan penduduk sebesar 2,39% dan rata-rata kepadatan penduduk sebesar 22 jiwa per Km2 pada tahun 2015 [web.sumber] : Badan Statistik Kabupaten Paser & Pemerintah Kabupaten Paser.

Namun tahu tidak?, di kabupaten Paser terdapat tempat-tempat favorit untuk nongkrong bagi masyarakatnya. Tempat-tempat tersebut selain menjadi obyek wisata alternatif untuk berlibur bersama keluarga, tempat tersebut juga terjangkau dan tidak membuat isi dompet terkuras. Berikut 10 tempat tongkrongan terfavorit di Kabupaten Paser.

1. Siring Sungai Kandilo

Terletak di sepanjang tepi Sungai Kandilo. Tempat ini menjadi primadona wisata alternatif bagi masyarakat Paser. Di sepanjang Siring Sungai Kandilo terdapat banyak wahana bermain anak-anak, sehingga tempat ini cocok buat liburan diakhir pekan bersama keluarga.

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/tempat-nongkrong-terfavorit-di-paser.html
Selain itu juga banyak jajanan kuliner di tempat ini. Menurut penulis warga Kabupaten Paser sangat beruntung bisa merasakan banyak jenis jajanan dari penjuru nusantara. Ya, hal tersebut dikarenakan para penjualnya berasal dari daerah di seluruh nusantara.

Minuman favorit penulis di siring sungai kandilo adalah "Bandrek Kang Budi" yang berada di dekat dermaga sungai kandilo.


2. Taman MTQ

Taman MTQ terletak di pusat kota Tana Paser Kabupaten Paser. Letaknya tepat di seberang jalan siring sungai kandilo jika kita tepat berada di tengah-tengah siring.

Taman MTQ sering dijadikan tempat pameran UMKM masyarakat Paser dan pertunjukan seni budaya Kabupaten Paser.

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/tempat-nongkrong-terfavorit-di-paser.html
Selain itu juga acara keagamaan juga kerap diadakan di tempat ini. Ya, memang tujuan utama dibangun taman MTQ adalah untuk tempat acara keagamaan seperti lomba tilawatil qur'an.

Di hari-hari biasa seperti sabtu malam, tempat ini juga kerap digunakan bermain latihan sepatu roda oleh anak-anak setempat, kadang juga ada yang bermain sketboard karena memang kondisi lantainya yang cocok dan terbuat dari keramik. Oh ya, jika anda ingin mengadakan pertemuan dengan teman sekantor untuk rapat taman MTQ juga cocok buat pertemuan, hehe murah meriah oeu.. :D


3. Taman Bunga Putri Saleha

Taman Bunga Putri Saleha masih terletak di pusat kota Tana Paser. Di taman ini terdapat air mancur dan ditengah air mancur tersebut terdapata bunga mawar berwarna merah yang sudah mekar.
https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/tempat-nongkrong-terfavorit-di-paser.html
Pada saat malam hari Taman Purti Saleha semakin kelihatan indah, karena sorotan lampu yang berwarna-warni dan air mancurnya. Tak jarang pengunjung taman ini sering menjadikan taman ini sebagai tempat favorit untuk mengabadikan kenangan bersama keluarga. Selain itu juga banyak pengunjung sekedar duduk-duduk santai di taman putri saleha ini.


4. Hutan Kota Tanah Grogot

Hutan Kota ini terletak di sebelah SDN 031 Tanah Grogot atau di seberang jalan Bank BRI Tanah Grogot. Tempat ini sangat cocok buat joging. Pengunjung bisa joging mengelilingi hutan kota dengan sepuasnya. Selain itu juga hutan kota tanah grogot juga menyediakan alat kebugaran sederhana yang terbuat dari bahan besi. Jadi pengunjung bisa berlatih pull-up atau bentuk latihan yang lain.
https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/tempat-nongkrong-terfavorit-di-paser.html

5. Telaga Ungu Kilo 5

Tempat tongkrongkrongan masyarakat Kabupaten Paser berikutnya yaitu Telaga Ungu Kilo 5. Di telaga ungu ini terdapat tugu jam yang sangat besar sebagai salah satu ikon kota Tana Paser. Di tempat ini juga sering diadakan pameran UMKM masyarakat Paser.
https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/tempat-nongkrong-terfavorit-di-paser.html
Jika anda ingin menyempatkan berkunjung ke Telaga ungu, anda juga bisa menyalurkan hoby memancing anda. Biasanya para pengunjung mancing di tempat ini pada waktu sore hari. Ikan yang didapatpun sangat berfariatif seperti ikan spat, gabus, patin, udang, lele, dan jenis ikan air tawar yang lainnya.

Di pinggiran jalan tepi telaga ungu juga menjadi sasaran tempat favorit perisrtirahat sopir truk. Mereka beristirahat sambil minum kopi di pinggir jalan tepi telaga ungu. Gimana ? menarik bukan?.



6. Stadion Sadurengas Tapis

Stadion Sadurengas terletak di Desa Tapis Kecamatan Tanah Grogot. Di tempat ini anda bisa melakukan berbagai jenis latihan olahraga, seperti Tenis meja, Tenis lapangan, Futsal, Sepak bola, Voly, dan hingga latihan Balap motor.
https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/tempat-nongkrong-terfavorit-di-paser.html
Di Stadion Sadurengas Tapis juga sering diadakan turnamen Olahraga. Dan jika anda ingin menonton sebuah turnamen di stadion ini anda cukup membayar uang parkir saja yaitu sebesar dua ribu rupiah.


7. Jembatan Layang Kideco

Jembatan layang kideco terletak di Kecamatan Kuaro. Tempat ini sering dijadikan tempat persinggahan atau istirahat pejalan sepeda motor. Mereka sering menyempatkan diri untuk sekedar melepas lelah karena perjalanan yang jauh dari arah grogot atau arah penajam.

Jembatan layang ini dibangun untuk menyeberangi jalan perusahaan batu bara. Anda bisa melihat truk-truk perusahaan yang sangat besar ukurannya. Oh ya, penulis ada kuis nich, "Berapa jumlah ban truk yang mengangkut batu bara?". jawabannya silahkan tulis di kolom komentar.. entar saya kasih hadiah kalau jawabannya benar..hehe.

Di jembatan layang Kideco terdapat juga penjual pentol cilok dan es. Jadi pengunjung bisa melihat pemandangan di sekitar sambil makan pentol cilok dan minum es..seger :)



8. Pelabuhan Pondong

Pelabuhan pondong terletak di Kecamatan Kuaro. Pelabuhan ini adalah tempat bersandarnya kapal-kapal besar pengangkut barang. Pelabuhan pondong juga tempat penyebrangan bagi masyarakat yang hendak ke Desa Paser Mayang [Baca Juga] : PESONA PASIR MAYANG KABUPATEN PASER
https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/tempat-nongkrong-terfavorit-di-paser.html
Pelabuhan pondong juga tempat favorit bagi para pemancing. Anda bisa memancing ikan dengan sepuasnya di Pelabuhan Pondong. Apalagi jika sampai di waktu senja, pemandangan di sana begitu indah dengan sun sitenya.


9. Kantor Pemda Kab. Paser

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/tempat-nongkrong-terfavorit-di-paser.html
Kantor Pemda Kabupaten Paser adalah tempat nongkrong favorit bagi masyarakat Paser selanjutnya. Di sana ada berbagai sarana olahraga seperti lapangan voli, tenis lapangan, dan panjat tebing. Di halamannya pun terkadang dibuat para pengunjung bermain sepak bola mini di sore hari.


10. Halaman Masjid Agung Nurul Falah Tana Paser

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/10/tempat-nongkrong-terfavorit-di-paser.html
Tempat tongkrongan terfavorit di Kabupaten Paser yang terakhir adalah Halaman Masjid Agung Nurul Falah Tana Paser. Masjid Agung Nurul Falah adalah masjid kebanggaan masyarakat Paser. Selain sebagai tempat berfoto bersama keluarga, biasanya di hari sabtu malam Masjid Agung Nurul Falah dijadikan tempat berkumpul klub motor bahkan mobil. Apalagi sekarang di halaman masjid sudah dibangun kolam air mancur, jadi semakin ramai pengunjungnya.

Oke, mungkin cukup sekian penjelasan penulis mengenai 10 tempat tongkrongan terfavorit di Kabupaten Paser. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar