Retardasi Mental Pada Anak (Pengertian, Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mencegahnya) - Blog Pak Yogi

Retardasi Mental Pada Anak (Pengertian, Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mencegahnya)

Perlu ditegaskan bahwa karakteristik setiap anak itu berbeda. Untuk itu, perlu penangan khusus untuk mengembangkan pengetahuan serta tingkat kematangan pendidikan pada masing-masing anak. Dan penting sekali bagi kita sebagai orang tua mengetahui karakteristik masing-masing anak, lebih-lebih jika kita sebagai tenaga pendidik di sekolah.
https://www.munawirsuprayogi.com/2018/11/retardasi-mental-pada-anak.html

1. Pengertian Retardasi Mental Anak

Retardasi Mental Anak adalah kelemahan jiwa yang diperoleh anak dengan intelegensi yang kurang sejak masa perkembangan. Retardasi mental merupakan kelemahan yang terjadi pada fungsi intelek. Mereka yang mengalami retardasi mental tidak mampu mengembangkan mental secara wajar, seperti intelegensi, perasaan, dan kemauan.


2. Ciri-ciri Retardasi Mental Pada Anak

Fisik
Wajah : biasanya seseorang yang memiliki retardasi mental memiliki wajah yang bulat, namun jika dilihat dari samping cenderung terlihat pipih (Brachycephaly).



Mata : biasanya anak atau seseorang yang memiliki retardasi matanya cenderung sipit dan miring ke atas.

Rongga mulut : penderita retardasi mental memiliki rongga mulut yang kecil dan lidah lebih besar.

Tangan dan kaki : penderita retardasi mental memiliki tangan yang lebih lebar, sedangkan kaki cenderung pendek dan lebar, serta jarak antara jempol kaki dan jari-jari yang lain memiliki sela yang lebar.

Psikis
Secara signifikan kecerdasan umum (IQ) di bawah rata-rata anak seusianya, yaitu kurang dari 65. Anak menunjukkan keterlambatan dalam penguasaan keterampilan dasar pada masa perkembangan dan hasil prestasinya buruk dibanding dengan anak-anak seusianya pada hampir disemua bidang akademisnya.

Anak menunjukkan tingkah laku adaptif yang buruk dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bersosial. Mereka kesulitan mengatur aktivitas sehari-hari yang sangat sederhana dan selalu menunjukkan tingkah laku seperti anak yang usianya lebih muda.


3. Penyebab Retardasi Mental Pada Anak

- Keturunan
Faktor keturunan atau sindroma down dipengaruhi oleh kondisi genetik yang tidak normal. Normalnya jumlah sel seseorang terdapat 46 kromosom yang diwarisi oleh kedua orang tuanya, yakni masing-masing 23 kromosom dari ayah dan ibu. Namun, kebanyakan seseorang yang memiliki down syndrome memiliki 47 kromosom. Hal tersebut mengakibatkan tubuh dan kinerja otak tidak normal.

- Kekurangan gizi
Retardasi mental bisa juga disebabkan oleh asupan gizi yang kurang seperti lemak, karbohidrat, dan protein. Kekurangan gizi tersebut didapatkan ketika selama masa kehamilan ibu. Kita tahu perubahan tren konsumsi makanan sekarang, asupan gizi yang kurang pada makanan modern yang dikonsumsi oleh sang ibu pada masa kehamilan, seperti makanan cepat saji atau mie instan mengakibatkan kurangnya asupan gizi pada si bayi ketika masih dalam kandungan. Penyebab lain kekurangan gizi bisa juga diakibatkan oleh bencana kelaparan.

- Pengalaman
Yang Siti maksud dengan pengalaman disini adalah pengalaman anak pada masa persalinan ibu sampai masa perawatan anak masih bayi. Pada masa persalinan ibu biasanya retardasi mental anak disebabkan karena kurangnya kebutuhan oksigen untuk si bayi, sehingga si bayi lahir sangat prematur. Selanjutnya pada masa perawatan, si bayi sering sakit-sakitan seperti terkena infeksi menginitis, batuk rejan, campak, dan lain sebagainya.

- Kodisi keluarga yang kurang menguntungkan
Faktor yang terakhir penyebab retardasi anak adalah anak terlahir dalam kondisi keluarga yang kurang menguntungkan. Misalnya, anak dibuang oleh orang tua, anak tidak mendapat stimulasi, perceraian yang menyebabkan kurang perhatian terhadap kasih sayang anak, keadaan ekonomi keluarga yang sangat miskin.


4. Cara mencegah Retardasi Mental Pada Anak

Kita tahu bahwa retardasi mental belum ada obatnya, namus setidaknya pencegahan-pencegahan di bawah ini bisa meringankan retardasi mental anak itu sendiri. Karena, tetardasi bukanlah sebuah penyakit pada anak, tapi retardasi adalah karakter lain pada anak. Berikut beberapa cara pencegahannya ;
- Memberi gizi seimbang pada anak
- Rutin berkonsultasi pada ahlinya
- Berikan hiburan pada anak
- Berikan dukungan pada anak
- Pemilihan sekolah yang tepat pada anak
- Melatih kemampuan berbahasa anak
- Mengajari untuk aktif
- Meningkatkan eksistensi terhadap perasaannya.

Mungkin cukup sekian penjelasan Siti mengenai artikel Retardasi Mental Pada Anak (Pengertian, Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mencegahnya). Semoga bermanfaat ya kakak….
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar