Sejarah Masuknya Olahraga Panahan di Indonesia - Blog Pak Yogi

Sejarah Masuknya Olahraga Panahan di Indonesia

Olahraga Panahan atau dalam bahasa nggris Archery adalah olahragara yang menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Seseorang yang gemar menggunakan panah atau memanah disebit pemanah/archer (inggris).

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/11/sejarah-masuknya-olahraga-panahan-di-indonesia.html
Gambar diambil di Masjid Agung Al-Munawarroh Banjarbaru - KALSEL

Tradisi memanah sudah ada dari jaman prasejarah. Sekitar 5000 tahun yang lalu orang-orang prasejarah sudah menggunakan alat panah ini untuk berburu, melindungi diri dan kemudian berkembang digunakan sebagai alat bertempur.


Busur sudah ditemukan pada masa Paleolitik atau awal Mesolitik sekitar 10.000 – 9000 SM di bagian utara Hamburg – Jerman.

Dalam olahraga panahan membutuhkan skil ketepatan dan insting yang tinggi bagi pemanahnya. Oke, mungkin penulis belum membahas masalah teknik dasar olahraga panahan dulu. Tapi penulis ingin membahas tentang sejarah masuknya olahraga panahan di Indonesia.


Pada tahun 1676 atas prakarsa Raja Charles II dari Inggris, panahan mulai dipandang sebagai suatu cabang olahraga. Dan kemudian banyak negara-negara lain yang juga menganggap panahan sebagai olahraga dan bukan lagi sebagai senjata untuk berperang.
Pada tahun 1844 di Inggris diselenggarakan perlombaan panahan kejuaraan nasional yang pertama dibawah nama GNAS (Grand National Archery Society).
Pada tahun 1879 di Amerika Seirkat yaitu tepatnya di Chicago diselenggarakan kejuaraan nasional yang pertama.

Masuknya Olahraga Panahan di Indonesia
Pertama kali olahraga panahan dipertandingkan di Indonesia yaitu pada saat ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 1948. Pada saat itu, olahraga panahan menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak diminati peserta. Sehingga dalam setiap kegiatan PON, cabor panahan tidak pernah sepi dalam kompetisinya. 

Melihat antusias yang besar dari para pesertanya, serta sekaligus tumbuhnya atlet dari cabang olahraga tersebut, akhirnya organisasi Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) didirikan yang tujuannya sebagai wadah bagi atlet panahan. Perpani terbentuk pada tanggal 12 Juli 1953 di Jogjakarta atas prakarsa Sri Paku Alam VIII.

Selanjutnya, atas prakarsa Sri Paku Alam VIII tersebut, akhirnya Sri Paku Alam VIII dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Umum Perpani. Sri Paku Alam VIII menjabat sebagai ketua Perpani selama 24 tahun yaitu dari tahun 1953 sampai tahun 1977.

Setelah terbentuk organisasi resmi di Indonesia tersebut, akhirnya Perpani mengajukan sebagai anggota FITA (Federation Internationale de Tir A L'arc). Dan menjadi anggota resmi FITA pada tahun 1959 pada konggres di Oslo – Norwegia.



FITA adalah sebuah organisasi panahan internasional yang telah ada sejak tahun 1931.

Pada awal masa kejayaan olahraga panahan Indonesia. Indonesia banyak melahirkan atlet panahan. Diantaranya Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani. Ketiga atlet tersebut dibimbing langsung oleh atlet panahan senior yakni Donald Pandiangan.

Karir tiga srikandi panahan Indonesia tersebut sukses melahirkan banyak prestasi, tepatnya ketika mereka memenangkan Olimpiade Seol tahun 1988. Atas prestasinya tersebut perfilman Indonesia memberi reward berupa difilmkannya cerita ketiga srikandi itu. Mungkin pembaca sudah ada yang pernah nonton film “Tiga Srikandi” 2016 ?. itu..

Olahraga panahan di Indonesia semakin diminati banyak orang. Ya, selain olahraga ini cocok bagi semua kalangan yaitu kalangan laki-laki dan kalangan wanita, selain itu juga olahraga panahan tidak begitu banyak mengeluarkan biaya. Kita cukup sekali saja untuk membeli busur panah dan beberapa anak panah.



Tahun 1959 : Kejuaraan Nasional I di Surabaya.
Tahun 1961 : Kejuaraan Nasional II di Yogyakarta.
Tahun 1962 : Kejuaraan Nasional III di Jakarta.
Tahun 1963 : Kejuaraan Nasinal IV di Jakarta.

Di era modern sekarang, olahraga panahan juga telah masuk dalam ekstrakulikuler sekolah. Hal ini menggambarkan bahwa olahraga ini sudah sangat populer di Indonesia.

Oke, cukup sekian pembahasan penulis mengenai Sejarah Masuknya Olahraga Panahan di Indonesia.

Tank's To ; Al-Fatiha Archery - Banjarbaru Kalimantan Selatan.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar