Dasar Ilmu Psikologi (Pengertian, Ruang Lingkup, dan Manfaat Mempelajari Ilmu Psikologi) - Blog Pak Yogi

Dasar Ilmu Psikologi (Pengertian, Ruang Lingkup, dan Manfaat Mempelajari Ilmu Psikologi)

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/12/dasar-ilmu-psikologi.htmlDewasa ini ilmu psikologi sangat besar peranannya terhadap perkembangan ilmu lain. Bukan hanya sebagai disiplin ilmu yang memecahkan masalah-masalah mental manusia, psikologi juga sangat berperan besar dalam memecahkan masalah sosial budaya kemasyarakatan.

Psikologi tidak hanya berkaitan dengan individu tunggal, akan tetapi psikologi memiliki kaitan erat dengan individu lain. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari psikologi yaitu tentu tujuannya untuk menunjang terciptanya keteraturan dalam bermasyarakat. Selain itu psikologi juga bisa membantu untuk memecahkan masalah-masalah sosial kemasyarakatan dibidang lain, seperti pekerjaan, pertahanan atau militer, hingga pendidikan.
Manusia dipandang sebagai pribadi yang utuh dan merupakan pengejawantahan individu yang sempurna dengan berbagai ciri, sifat dan karakter dibanding mahluk yang lain.


Obyek psikologi yang paling mungkin untuk diamati dan dikaji adalah manifestasi dari jiwa itu sendiri yakni dalam bentuk perilaku individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Dengan demikian, psikologi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya.



1. Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

William James (1980) : psikologi adalah ilmu mengenai kehidupan mental, termasuk fenomena dan kondisi-kondisinya (fenomena disini termasuk apa yang kita sebut sebagai perasaan, keinginan, kognisi, berpikiran logis, keputusan), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya.

Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990) : Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang, baik yang dapat dilihat secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.

Muhibbin Syah (2001) : psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk, berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.

Dakir (1993) : psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.



Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.


2. Ruang Lingkup Psikologi

Psikologi memiliki ruang lingkup dua bagian yaitu psikologi umum dan psikologi khusus. Psikologi umum adalah psikologi yang mengkaji perilaku umum pada manusia. Dan psikologi khusus adalah psikologi yang mengkaji perilaku khusus pada individu manusia. Mengenai ruang lingkup yang ada pada ilmu psikologi maka ada obyek yang diteliti oleh Ilmu Psikologi, antara lain ;

Psikologi Perkembangan : Ilmu Psikologi yang mengkaji perilaku individu yang berada dalam proses perkembangan mulai dari masa konsepsi sampai dengan akhir hayat. Psikologi perkembangan berkaitan erat dengan psikologi sosial, karena sebagian besar perkembangan terjadi dalam konteks adanya interaksi sosial, berkaitan erat dengan psikologi kepribadian karena perkembangan individu dapat membentuk kepribadian khas dari individu tersebut.

Psikolog Kepribadian : Ilmu Psikologi yang mengkaji bidang studi psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya,psikologi kepribadian berkaitan erat dengan psikologi perkembangan dan psikologi sosial, karena kepribadian adalah hasil dari perkembangan individu sejak masih kecil dan bagaimana cara individu itu sendiri dalam berinteraksi sosial dengan lingkungannya.

Psikologi Abnormal : Ilmu Psikologi yang mengkaji perilaku individu yang tergolong abnormal.

Psikologi Industri : Ilmu Psikologi yang mengkaji perilaku individu dalam kaitannya dengan dunia industri.Terdapat tiga bidang kajian utama yakni psikologi personalia,psikologi industri/sosial, dan psikologi sumber daya manusia.

Psikologi Pendidikan : Ilmu Psikologi yang mengkaji individu dalam situasi pendidikan. Merupakan kajian tentang perilaku peserta didik di sekolah yang sebstansinya merupakan gabungan psikologi perkembangan anak,psikologi pendidikan dan psikologi klinis yang berhubungan dengan setiap anak untuk evaluasi kegiatan belajar dan emosi, memberikan dan menafsirkan hasil tes intelegensi, tes hasil belajar, dan tes kepribadian yang merupakan sebagian dari tugas mereka.

Psikologi Kognitif : Ilmu Psikologi yang mengkaji kemampuan kognisi,seperti; Persepsi,proses belajar,kemampuan memori,atensi,kemampuan bahasa dan emosi.

Psikologi Klinis : Ilmu Psikologi yang mengkaji disiplin kesehatan mental dengan menggunakan prinsip-prinsip psikologi untuk memahami,mendiagnosis,dan mengatasi berbagai masalah atau berbagai penyakit psikologi.

Psikologi Konstitusional : Ilmu Psikologi yang mengkaji tentang hubungan antara struktur morfologis dan fungsi fisiologis tubuh serta hubungan antara fungsi-fungsi psikologi sosial.

Psikofarmakologi : Ilmu Psikologi yang mengkaji tentang obat untuk mengobati gangguan psikiatris.Dari konsep inilah kemudian dikenal adanya psikolog dan psikiater.

Psikologi Okupasional : Ilmu Psikologi yang mengkaji tentang suatu bidang kajian psikologi industri,psikologi organisasi,psikologi fokasional dan psikologi sumber daya manusia.

Psikologi Sosial : Ilmu Psikologi yang mengkaji tentang sifat,fungsi,fenomena perilaku sosial,dan pengalaman mental dari individu dari individu dalam sebuah konteks sosial.

Psikologi Politik : Ilmu Psikologi yang mengkaji tentang bidang interdisipliner yang tujuan subtantif dasarnya adalah untuk menyingkap saling keterkaitan antara proses psikologi dan politik.




3. Manfaat Mempelajari Ilmu Psikologi

Seseorang yang belajar Ilmu Psikologi akan mendapat 3 manfaat secara khusus yaitu diantaranya, dapat Menjelaskan, Memperkirakan kejadian dimasa mendatang (Prediksi), dan Mengendalikan. Oke berikut penjelasannya ;

Menjelaskan - yakni seseorang dapat menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Deskripsi atau bahasan yang dihasilkan psikologi dapat memberikan pemahaman manusia mengapa peristiwa-peristiwa, dan fenomena-fenomena mental terjadi pada manusia. Pemahaman ini sangat penting karena sangat mempengaruhi manusia dalam mengambil keputusan.

Memprediksikan - yakni seseorang dapat meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimasi. Fungsi ini dapat didapati baik dalam dunia pendidikan, industry, pemerintah dan masyarakat.

Pengendalian, yakni seseorang dapat mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi atau treatment serta rehabilitasi atau perawatan.

Oke, itulah tadi pembahasan penulis mengenai Dasar Ilmu Psikologi yang mencakup Pengertian, Ruang Lingkup, dan Manfaat Mempelajari Ilmu Psikologi. Sekian dari saya dan semoga bermanfaat.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Wah kalau sudah bahas psikologi jadi komplek banget ya MZ aku taunya cuma buat liat perilaku orang aja, ternyata banyak banget kajiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak juga kajiannya, hampir di berbagai bidang penting untuk menerapkan psikologi. Tapi yang harus diingat dalam menerapkan psikologi tidak bisa memvonis secara mutlak, dalam artian tidak bisa kita mengambil keputusan menilai seseorang 100% benar atas dugaan kita, ya.. katakan 75% lah mendekati kebenaran..

      Hapus

Silahkan meninggalkan pertanyaan, kritik, dan saran.