Sejarah Singkat Olahraga Renang - Blog Pak Yogi

Sejarah Singkat Olahraga Renang

Sejarah Singkat Olahraga Renang - Olahraga renang dimulai sejak abad ke-19 di London - Inggris. Pada saat itu sekitar tahun 1837 hanya terdapat 6 kolam renang saja di kota London. Baru pada tahun 1869 populeritas renang terus meningkat dan beberapa asosiasipun mulai bermunculan. Disusul pada tahun 1888 di Amerika mulai berkembang olahraga renang dan pada tahun 1920 Negara Amerika berhasil merajai perlombaan renang internasional.

https://www.munawirsuprayogi.com/2018/12/sejarah-singkat-olahraga-renang.html
Berikut daftar Atlet yang sangat popular pada masa itu : Sydney Cavill, Robert JH Kiphuth dari klub renang Universitas Yale, dan Lewis B. Handley wanita pertama yang berenang di Selat Inggris.

Pada mulanya nomor yang dipertandingkan hanya gaya dada. Gaya baru yang pertama adalah “Side Arm Stroke atau Side Stroke” yang merupakan gaya ganti dimana sisi perenang berada dalam air.

Pada tahun 1902, Richard Cavill perenang Australia membuat rekor baru yaitu berenang sejauh 100 meter dalam waktu 48,6 detik. Cavill menggunakan Arm Stroke, akan tetapi merubah tendangan kaki dari guntingan menjadi kipasan ke atas dan ke bawah. Gaya ini selanjutnya dikenal dengan nama Australia Crawl.



Pada tahun 1935 perkembangan renang didunia semakin pesat yaitu dengan bermunculan bermacam-macam gaya renang, diantara gaya-gaya tersebut adalah gaya dada atau Breast stroke, gaya punggung atau back stroke, dan gaya kupu-kupu atau butterfly stroke.


Pada Olimpiade tahun 1908, orang-orang telah berani mengarungi lautan dan menyeberangi sungai-sungai yang besar hanya dengan rakit.

Pada tahun 1904 di Indonesia mulai mengenal olahraga renang dan lambat launpun berkembang ke seluruh pelosok tanah air. Kemudian berdirilah kolam renang yang pertama kali di Indonesia yaitu di Cihampelas – Bandung. Selanjutnya tanggal 24 Maret 1951 berdirilah Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia atau yang disingkat dengan PBSI dengan ketuanya Poerwosoedarmo. Kemudian pada tahun 1952 PBSI diterima menjadi anggota FINA yaitu organisasi renang dunia. Dan kemudian pada tahun 1957 PBSI diubah namanya menjadi PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia).

Itulah tadi uraian tentang Sejarah Singkat Olahraga Renang dan hingga akhirnya terbentuk PRSI di Indonesia. Mungkin cukup sekian dari saya dan semoga bermanfaat.
DMCA.com Protection Status

Posting Komentar

0 Komentar