Permainan Bintang Beralih - Blog Pak Yogi
PropellerAds

Permainan Bintang Beralih

Belum diketahui secara jelas permainan bintang beralih ini berasal, namun beberapa kalangan mengatakan permainan bintang beralih berasal dari Kalimantan Timur. Pada masa kolonial belanda permainan bintang beralih menyebar ke negeri Melayu seperti Malaysia, Brunai, Thailand bagian selatan, sebagian Filipina, dan Sumatra.

Seperti permainan-permainan tradisional lainnya di Nusantara yang menggunakan alat sederhana, permainan bintang beralih tidak membutuhkan peralatan untuk dimainkannya. Permainan bintang beralih hanya memerlukan beberapa kelompok teman saja yaitu 11 hingga 21 atau 30-an anak.

Permainan bintang beralih adalah permainan yang memerlukan jumlah pemain lebih dari 5 orang, sehingga permainan ini melatih jiwa bersosial bagi anak-anak.

Permainan bintang beralih mirip dengan permainan tikus dan kucing, namun cara bermainnya/tata cara mainnya berbeda dengan permainan tikus dan kucing.

Selain itu juga, permainan bintang beralih sangat bagus untuk melatih tumbuh kembang bagi usia anak (baik secara fisik maupun psikis). Ya, disaat anak-anak bermain permainan bintang beralih anak-anak harus berlari kesana-kemari dan anak-anak harus berkonsentrasi disaat kapan harus berlari disaat salah satu temannya sudah menempati barisannya. Berikut saya uraikan tata cara bermain permainan bintang beralih.

Hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum permainan dimulai

Jumlah pemain ; supaya permainan ini lebih efisien dan seru, jumlah pemain permaainan bintang beralih minimal berjumlah 11 orang dan maksimal berjumlah 30-an orang.

Memilih pemain yang mengejar dan yang dikejar ; selanjutnya kita cari dua pemain untuk menjadi pemain yang mengejar dan yang dikejar atau dengan kata lain kucing dan tikus. Untuk memilih dua pemain pertama-tama kita menyuruh anak-anak untuk membentuk sebuah lingkaran.



Setelah itu kita memberi aba-aba kepada anak-anak yang harus sesegera mungkin untuk dilaksanakannya. Apabila ada beberapa anak dengan lambat atau salah melaksanakan aba-aba tersebut maka anak tersebut maju ke tengah lingkaran untuk menentukan siapa yang jadi tikus dan siapa yang jadi kucing dengan pingsuit.


Cara bermain permainan bintang beralih

Setelah kita sudah menentukan siapa yang jadi tikus dan siapa yang jadi kucing, selanjutnya kita menyuruh anak-anak untuk membentuk barisan dengan melingkar. Disini saya menggunakan 17 anak.

https://www.munawirsuprayogi.com/2019/03/permainan-bintang-beralih.html

  1. Pemain 1 sampai pemain 15 adalah barisan pemain titik aman.
  2. Pemain 16 adalah pemain kucing (yang mengejar) dan pemain 17 adalah pemain tikus (yang dikejar)
  3. Kucing harus mengejar tikus untuk dipegang/disentuh. Apabila tikus sudah tersentuh maka secara bergantian pemain tikus berubah menjadi kucing dan pemain kucing berubah manjadi tikus untuk dikejar (gantian dikejar).
  4. Pemain tikus akan aman dari kejaran kucing apabila menempati posisi paling depan dari barisan nomor 1 sampai 15.
  5. Apabila tikus sudah menempati posisi paling depan dari barisan tersebut, maka pemain yang paling belakang menjadi tikus dan harus menghindar dari dekapan kucing. Misalnya, nomor 17 sudah menempati barisan depan no 7, maka yang lari adalah no 9. Dan nomor sembilan akan aman jika sudah berada di barisan paling depan dari no 10, 1, 4, atau 13 (begitu seterusnya).

Peraturan permainan bintang beralih

  • Yang dipegang kucing hanya pundak dan tangan.
  • Pemain kucing tidak boleh mendorong pemain tikus.
  • Tikus tidak boleh berlari terlalu jauh dari area permainan.
  • Pemain yang berada di barisan titik aman tidak boleh menghalang-halangi kucing ketika mengejar tikus.

Manfaat permainan bintang beralih bagi anak-anak

  • Karena anak-anak berlari kian kesana-kemari, maka permainan ini membantu pertumbuhan otot-otot anak, kecepatan, kelincahan, dan ketangkasan.
  • Meningkatkan daya konsentrasi disaat kapan anak-anak harus mendapatkan giliran untuk dikejar dan disaat kapan harus mengejar.
  • Melatih jiwa bersosial anak.
  • Dan sportif.

Oke, itulah tadi uraian saya mengenai permainan bintang beralih khususnya mengenai tata cara bermain permainan bintang beralih. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya. Jangan lupa share and comant…:)
DMCA.com Protection Status
loading...
PropellerAds

Posting Komentar

0 Komentar